Jawa Barat Menuju Penambahan Wilayah ODF

Plt Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – PPlt. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana didampingi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan jajaran seksi Kesehatan Lingkungan melakukan Verifikasi Lapangan Open Defecation Free (ODF) Pilar ke-1 Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kabupaten Pangandaran, Selasa, 14 Maret 2023 lalu.

Tindak Tegas Bikers Sunmori, Masyarakat Diminta Melapor jika Ada Balapan Liar

Dalam kegiatan verifikasi tersebut, Plt. Kadinkes dan jajaran bertugas meninjau saluran septic tank di masing-masing rumah di 2 kecamatan dan 4 desa yakni Desa Babakan dan Desa Pangandaran di Kecamatan Pangandaran serta Desa Kalijati dan Desa Kersasatu di Kecamatan Sidamulih.

"Pada hari ini kita sedang melalui proses di awal tahun 2023 alhamdulillah Kabupaten Pangandaran mengajukan diri untuk diverifikasi sebagai kabupaten ODF di Jawa Barat, insya allah," kata Nina.

Pemkab Purwakarta Utus 22 Kafilah di Ajang MTQ ke-38 Tingkat Provinsi

Menurutnya, pada 2021 lalu Provinsi Jawa Barat pertama menyumbangkan tiga kabupaten yang sudah mendeklarasikan dirinya sebagai kabupaten yang terbebas dari buang air besar sembarangan (BABS), yaitu Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sukabumi. Ketiga kabupaten tersebut merupakan selanjutnya diajukan sebagai kabupaten penerima STBM award tahun 2021 dengan kategori percepatan ODF dari Kementerian Kesehatan.

Tahapan pertama yaitu verifikasi dokumen sudah dilakukan pada minggu lalu secara virtual dan tahapan lanjutan tim verifikasi STBM provinsi bertugas untuk melakukan uji petik lapangan (langsung) di masyarakat di beberapa titik desa yang sudah dibagi oleh tim sebelumnya.

Kurang Sosialisasi, 8 Warga Subang Meninggal karena DBD

Dalam proses verifikasi lapangan ini, terdapat sekita 100 indikator yang perlu dipenuhi suatu wilayah untuk lolos tahapan sehingga dideklarasikan sebagai wilayah ODF. Setelah pilar ke-1 tercapai, dilanjutkan dengan pilar ke-2 yakni cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan pilar-pilar berikutnya.