Wakil Ketua DPRD Bandung Ungkap UMKM Suntik 60 Persen Pertumbuhan Ekonomi

Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Dr. H. Edwin Senjaya, S.E., M.M.
Sumber :
  • viva.co.id

Jabar – Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Dr. H. Edwin Senjaya, S.E., M.M., mengungkapkan UMKM mampu menyelamatkan keruntuhan ekonomi pada saat pandemi. Ia berharap, melalui berbagai pelatihan, UMKM semakin berdaya dan turut membantu pemulihan ekonomi di Ibu Kota Jawa Barat Itu pasca covid-19.

DANA Manjakan Pengguna dengan Saldo Gratis Tiap Bulan Hingga Ratusan Ribu, Ini Caranya

Anggaran Kota Bandung, tutur Edwin, yang semula Rp.7,2 triliun mengalami penurunan yang signifikan akibat adanya pandemi covid-19. Sektor ekonomipun mengalami penurunan dari yang semula 5-7 persen menjadi 2 persen.

"Kita berharap pelatihan ini dapat ikut membantu pemulihan ekonomi. Karena pada beberapa tahun kemarin, perekonomian Kota Bandung terdampak Pandemi Covid-19. Sehingga kondisi keuangan kita drop," ujarnya, pada Pembukaan Pelatihan Desain Grafis Sablon, di PT INTI, Kota Bandung, Senin (27/3/2023).

School Creative Hub 2024 Bagi Pelajar SMP dan SMA di Bandung Akselarasi Duniakan Budaya Indonesia

Selanjutnya Edwin mengungkapkan, meski ekonomi di Kota Bandung mengalami penurunan dan perlambatan pertumbuhan akibat pandemi, tapi tidak sampai kolaps. Pasalnya, UMKM mampu mendukung perekonomian sampai 60%.

"Sekitar 60 persen perekonomian disumbang oleh UMKM, sehingga kita bisa bertahan dan tidak langsung kolaps dengan adanya pandemi Covid-19. Kalian semua pejuang-pejuang ekonomi dan mempertahankan kemandiriannya. Dengan terjadinya Covid-19, sektor UMKM sangat berperan dan diharapkan ilmu yang didapat dari pelatihan ini semakin memperkuat sektor UMKM," tutur Edwin, kepada para peserta yang kebanyakan diikuti anak muda.

Klaim Sekarang! Insentif Saldo DANA Gratis Rp700.000 dari Prakerja untuk Peserta Lolos Pelatihan

Soal permodalan, DPRD akan membantu dengan melakukan kerja sama bersama Pemkot Bandung. Terlebih, selain peserta pelatihan tersebut, bantuan serupa juga diberikan kepada para UMKM di Kecamatan Regol dan Rancasari.

"Karena memang tugas pemerintah untuk menaungi UMKM. Sehingga pemerintah memberikan kemudahan dari biaya permodalan, perlindungan hukum, perizinan dan lain sebagainya," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title