Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Pakar: Ini Menampar Muka Jokowi

Presiden Jokowi
Sumber :
  • viva.co.id

Jabar – Federasi sepakbola dunia telah mengumumkan keputusannya terkait status Indonesia dalam gelaran piala dunia U-20. FIFA memutuskan untuk mencoret Indonesia sebagai tuan rumah pergelaran sepakbola terbesar kedua di dunia itu.

8 Negara Eropa yang Rankingnya di Bawah Timnas Indonesia

Insiden pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah itu diduga dilatarbelakangi penolakan terhadap hadirnya Israel sebagai peserta Piala Dunia U-20 di Indonesia. Penolakan tersebut datang dari sejumlah pihak, tokoh bahkan dari elit PDIP.

Terkait hal itu, seoarang pakar politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin melakukan analisi bahwa batalnya Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U-20 itu akan mencoreng pemerintahan Republik Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Menurut Ujang, kiprah RI akan disorot oleh dunia internasional.

Ganjar Pranowo Ungkap Isi Pertemuan dengan Megawati di Menteng

Selanjutnya, Ujang memprediksi akan ada ketegangan antara Presiden Joko Widodo dengan PDIP yang kini dipimpin oleh Megawati. Mengingat, partai yang paling getol menolak Israel pada Piala Dunia U-20 di Indonesia itu adalah PDIP.

Menurutnya, hal itu dinilai dari suara penolakan kader PDIP selaku kepala daerah seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster. Belum lagi suara elite PDIP lainnya.

Rizky Ridho Jadi Sorotan FIFA, Pemain Paling Dinantikan di Piala Asia U-23

"Ya, kelihatannya akan terjadi ketegangan lagi antara Jokowi dengan Megawati atau PDIP. Batalnya penyelenggaraan U-20, sepakbola di Indonesia, tentu ini mencoreng nama, muka Jokowi sebagai Presiden, sebagai kepala pemerintahan, kepala negara," kata Ujang kepada VIVA, Kamis, 30 Maret 2023.

Dia mengatakan demikian karena terkesan Jokowi dipermalukan oleh PDIP yang notabene partai pendukung utama di pemerintahan.

Halaman Selanjutnya
img_title