Sudah Ada Tersangka, KPK Ungkap Dugaan Korupsi di Kementan Terkait Pemerasan

Penyidik KPK dan Polisi berada di Kantor Kementerian Pertanian
Sumber :
  • screenshoot by Viva

VIVA Jabar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa saat ini telah ada tersangka dalam kasus dugaan korupsi yang terjadi di Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia. Dalam kasus tersebut, terdapat dugaan korupsi yang melibatkan praktik pemaksaan atau pemerasan dalam jabatan.

Klaim Jadi Pahlawan saat Covid-19, SYL: Saya Kendalikan Makanan Masyarakat

Ali Fikri, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, menjelaskan bahwa kasus yang sedang diselidiki oleh tim penyidik saat ini merupakan salah satu dari tiga klaster dugaan korupsi yang terjadi di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Kalau dalam konstruksi bahasa hukumnya, dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum atau menyalahgunakan kekuasaannya memaksa seseorang memberikan sesuatu, begitu ya," kata Ali Fikri di gedung merah putih KPK, Jumat 29 September 2023.

Pengacara Sebut Sekda Bandung Dipanggil Penyidik KPK Sebagai Tersangka Kasus Korupsi CCTV

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri

Photo :
  • screenshoot by Viva

Kata Ali, pelaku yang melakukan dugaan korupsi di Kementan itu melanggar Pasal 12 e Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).

KPK akan Panggil Tersangka Baru Kasus Korupsi CCTV dalam Proyek Bandung Smart City

Adapun Pasal 12 e itu berbunyi 'pegawai negeri atau penyelenggara negara yang dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, atau dengan menyalahgunakan kekuasaannya memaksa seseorang memberikan sesuatu, membayar, atau menerima pembayaran dengan potongan, atau untuk mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri'.

"Tentu ini tempat kejadiannya adalah di Kementerian Pertanian," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title