Piala Dunia U-20 2023, AHY 'Tampar' Pemerintah: Saat Ini Kita Malu di Dunia Internasional

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • berbagai sumber

Jabar – Usai pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, berbagai reaksi bermunculan dan beberapa pihak. Tak terkecuali dari Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

8 Negara Eropa yang Rankingnya di Bawah Timnas Indonesia

Putra Susilo Bambang Yudhoyono itu menyesalkan piala dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia sementara peluang dan persiapan sudah matang dilakukan. AHY seolah menampar sistem pemerintahan di bawah pimpinan Jokowi yang tidak searah antara pemerintah pusat dan daerah.

"Pemerintah pusat tidak sama dengan pemerintah daerahnya. Menteri tidak sama dengan jajaran di bawahnya. Ini negara macam apa kalau begini," ucap AHY di Bandung pada Kamis, 30 Maret 2023.

Rizky Ridho Jadi Sorotan FIFA, Pemain Paling Dinantikan di Piala Asia U-23

AHY merasa heran dengan sikap Presiden yang berbeda dengan Gubernurnya, begitu pula dengan sikap pemerintah pusat yang berbeda dengan sikap pemerintah daerah.

Seperti yang diketahui, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster menolak menjamu Timnas U-20 Israel di Indonesia. Sementara Presiden Jokowi meminta agar olahraga dipisahkan dengan urusan politik.

Salaman dengan Erick Thohir, Emil Audero Resmi Dinaturalisasi?

AHY memandang, Indonesia sejak tahun 2019 mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 ini. Banyak persiapa yang sudah dilakukan berikut anggaran yang tidak sedikit. Namun, buntut dari penolakan terhadap Israel bertamu ke Indonesia ditengarai menjadi sebab batalnya piala dunia itu digelar di Indonesia.

Menurut AHY, keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia sebagai host ajang sepakbola kelas dunia tersebut membuat malu Indonesia di hadapan dunia internasional.

Halaman Selanjutnya
img_title