MUI Sempat Tawarkan Solusi Terkait Timnas U-20 Israel

Timnas Israel yang akan tampil di Piala Dunia U-20
Sumber :
  • football.org.il

Jabar – Majlis Ulama Indonesia (MUI) tegas menolak kedatangan Timnas U-20 Israel di Indonesia pada gelaran Piala Dunia U-20 2023. Seperti yang diketahui, ramainya penolakan terhadap Israel karena negara itu hingga saat ini masih melakukan penjajahan terhadap negara Palestina.

FIFA Soroti Perubahan Pelatih Timnas Australia, Indonesia Turut Disinggung

Kendati demikian, MUI menolak Timnas U-20 Israel bukan semerta-merta menolak tanpa menawarkan solusi. Melalui Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Sudarnoto Abdul Halim, MUI memberikan solusi agar Piala Dunia U-20 tetap terselenggara dengan baik di tanah air. Catatanya, Timnas Israel bermain di luar wilayah Indonesia seperti di negara tentagga, Singapura.

Solusi tersebut, MUI sampaikan sebelum Indonesia dicoret sebagai tuan rumah. Namun sayang, FIFA tidak memperhatikan pertimbangan tersebut.

Indonesia Disinggung FIFA Usai Australia Ganti Pelatih di Tengah Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Bagi keyakinan kami, ini bertentangan dengan semangat konstitusi kita. Karena itu, harapannya sebetulnya, yang diselesaikan adalah masalah intinya, yaitu mencari solusi bagi Timnas Israel agar tetap bisa berlaga, akan tetapi tidak di wilayah Indonesia," katanya dalam sebuah pernyataan tertulis pada Kamis, 30 Maret 2023.

"Saya pernah mengusulkan, main di Singapura. Dengan cara ini diharapkan Piala Dunia tetap bisa diselenggarakan," tambahnya.

Keputusan FIFA! Pencetak Gol Indonesia ke Arab Saudi Bukan Ragnar Oratmangoen, Tapi...

Meski demikian, dia mengingatkan bagi semua pihak untuk menghormati keputusan FIFA, yang memilih untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia level junior.

"Bagi kita, masyarakat dan bangsa Indonesia, memang pada akhirnya harus menerima keputusan FIFA ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title