Penyegelan Gereja di Purwakarta, Ono Surono: Permudah Izinnya

Ketua DPD PDI P Jabar, Ono Surono
Sumber :
  • viva.co.id

Jabar – Penyegelan terhadap rumah ibadah yakni Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) menuai respon dari berbagai kalangan. Tak terkecuali dari Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Bara, Ono Surono. Ia menyoroti penyegelan sebuah padepokan yang digunakan sebagai rumah ibadah di Desa Cigelam, Kecamatan Babakancikao, Purwakarta tersebut.

Nahdliyin Muda Usulkan Ridwan Kamil Ono Surono Duet di Pilgub Jabar

Menurut Ono, berdasarkan undang-undang seharusnya pemerintah atau negara menjamin kebebasan dan hak warga untuk memeluk agama, termasuk dalam menjalankan ibadah sesuai keyakinannya. Penyegelan rumah ibadah merupakan bentuk pelanggaran dasar undang-undang.

Ono, selanjutnya mengkritisi kebijakan Bupati Purwakarta Anne Ratna yang telah menyegel GKPS tersebut. Menurutnya, Bupati Anne seharusnya tidak memakai kacamata kuda dalam melihat fenomena bangunan yang tidak berizin tersebut.

Mobil Mewah Hasil Gratifikasi Diduga Disita dari Eks Bupati Anne?

"Mestinya Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika tidak menggunakan kacamata kuda, langsung menyegel begitu saja karena ini menyangkut sarana ibadah," kata Ono saat dikonfirmasi pada Minggu, 2 April 2023.

Lebih lanjut, Ono mengatakan agar tidak sampai terjadi penyegelan, Bupati Purwakarta harusnya mengumpulkan para tokoh dan bermusyawarah, dan mempermudah izinnya, sehingga penyegelan tidak terjadi dan tidak menimbulkan persepsi negatif terhadap kerukunan antar umat beragama.

Om Zein Kembalikan Berkas Pendaftaran Cabup Purwakarta ke DPC Partai Gerindra

"Permudah izinnya, bukan malah melakukan penyegelan," tegas anggota Komisi IV DPR RI ini.

Disamping itu Ono juga meminta agar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan perhatian lebih mengingat permasalahan terkait rumah ibadah ini bukan pertama kali di Jawa Barat. 

Halaman Selanjutnya
img_title