Rizal Khairul Sebut Butuh Generasi Muda Bernyali Perubahan Guna Wujudkan Indonesia Emas 2045

Rizal Khairul
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarIndonesia Emas Tahun 2045 merupakan momentum bersejarah, karena bangsa Indonesia genap berusia 100 tahun atau satu abad sejak kemerdekaan Indonesia di tahun 1945.

Status Pernikahan Syifa dan Agung Sah Meski Terungkap Mahar Pakai Emas Palsu

Maka, untuk mengosongkan suksesi Indonesia Emas Tahun 2045, kompetensi dan peran para generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa perlu dipersiapkan agar mendapatkan bonus demografi dari misi besar Bangsa Indonesia tersebut.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung, Rizal Khairul saat menjadi pembicara dalam diskusi Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Teknologi Digital, Senin, 30 Oktober 2023.

'Kapok' Mahar Emas Palsu, Dedi Mulyadi Bakal Lakukan Hal Ini Sebelum Diminta Jadi Saksi Nikah Lagi

Dalam diskusi panel bertema “Menggali Potensi Sebagai Bentuk Kontribusi Mahasiswa untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045” tersebut, turut mengundang Ketua DPD KNPI Kota Bandung, Mochamad Edwin Khadafi sebagai narasumber lainnya.

"Pada tahun 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, yaitu jumlah penduduk 70 persennya berada dalam rentang usia produktif 15-64 tahun," ujarnya.

Lolos ke Senayan, Denny Cagur Janjikan Hal Ini untuk Rakyat

Namun, bonus demografi juga bisa menjadi pisau bermata dua jika generasi muda saat ini tidak bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di masa mendatang.

Bahkan, jendela demografi bisa menjadi petaka atau kutukan demografi yang akan menghasilkan pengangguran massal dan menjadi beban negar, jika negara tidak melakukan investasi sumberdaya manusia sejak saat ini.

Halaman Selanjutnya
img_title