Bupati Bandung Tinjau 3 Rumah Warga Terdampak Longsor

Bupati Bandung Dadang Supriatna
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Bupati Bandung Dadang Supriatna bergerak cepat merespon bencana akibat hujan deras di wilayahnya. Ia meninjau langsung lokasi bencana dan warga terdampak banjir dan longsor yang terjadi Jumat (1/12/2023) sore.

Pemkab Purwakarta Panggil 5 Pengembang Perumahan Terkait Serahterimakan PSU

"Hari ini saya berkeliling untuk memantau lokasi mana yang rawan bencana dan mendesak untuk segera dibantu. Ada beberapa lokasi bencana banjir yang memang harus mendapat action langsung seperti pengerukan dan pelebaran sungai, juga pembangunan tembok penahan tanah (TPT) dari aliran sungai," jelas Bupati Bandung, Sabtu (2/12/23).

Seperti pembangunan TPT di aliran Sungai Cikambuy tepatnya di Kampung Cipanjang RT 05 RW 02, Desa/Kecamatan Soreang. TPT Sungai Cikambuy ini jebol akibat luapan air yang dipicu hujan deras. Akibatnya air sungai masuk ke permukiman warga.

Politisi Muda Golkar Ini Didorong Jadi Calon Bupati Bandung

"TPT dari Sungai Cikambuy ini jebol dan akan segera diperbaiki besok menggunakan anggaran pekerjaan mendesak dari Dinas PUTR," kata bupati.

Bupati juga meninjau tiga rumah warga terdampak longsor di RW 20 Desa Cibodas Kecamatan Pasirjambu di mana ketiga rumah korban terkategori rumah tidak layak huni (rutilahu) dan bagian belakang rumah atau dapurnya terkena longsoran material tanah akibat TPT tebing yang jebol.

Diguyur Anggaran Rp54,9 Miliar, Berikut Tokoh yang Santer Nyalon Bupati Subang

"Ada tiga rumah warga terdampak longsor dan masuk kategori rutilahu yang memerlukan perbaikan dan akan segera kita bedah,"ujarnya.

Bupati meminta agar pemerintahan desa dan kecamatan untuk bersiaga menghadapi bencana dan segera merespon bila terjadi bencana di wilayahnya masing-masing dan melaporkanny ke Pemkab Bandung.