Ganjar Buka Suara soal Jokowi Tak Hadir di HUT PDIP, Pecah Kongsi?

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo akhirnya angkat bicara terkait ketidakhadiran Presiden Jokowi ke acara perayaan HUT PDIP ke-51 yang jatuh pada hari ini, Rabu 10 Januari 2024.

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Qatar Picu Gelombang Reaksi Negara-negara ASEAN

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu membantah dugaan bahwa Jokowi pecah kongsi lantaran tidak hadir di acara HUT PDIP ke-51 itu. Menurut Ganjar, Jokowi tidak hadir karena sedang berdinas di luar kota.

"Kecuali beliau ada di Indonesia, enggak hadir. Kan, beliau ada di luar negeri," kata Ganjar kepada wartawan di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

Ganjar menegaskan bahwa ketidakhadiran Jokowi bukan karena pecah kongsi. Jokowi diwakili oleh Wapres KH Ma'ruf Amin yang hadir di acara partai berlogo banteng moncong putih itu.

"Beliau (Jokowi) sedang kunjungan di luar negeri, enggak mungkin hadir dong. Maka diwakili oleh Pak Wapres. Saya kira bukan persoalan itu," jelas mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Ganjar Pranowo Ungkap Isi Pertemuan dengan Megawati di Menteng

Sebagai informasi, Presiden Jokowi dijadwalkan terbang ke beberapa negara anggota ASEAN sejak tanggal 9 Januari 2024. Agenda kenegaraan itu, menjadi sebab orang nomor satu di Indonesia itu berhalangan hadir ke acara HUT PDIP ke-51 tersebut.

"Kan hari ini kita tahu Presiden sudah ada rencana kunjungan kenegaraan ke tiga negara, yaitu Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam dari tanggal 9 sampai 14 Januari. Kalau hari ini kan sudah direncanakan berangkat sore,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana di Istana Kepresidenan, Selasa (9/1/2024).