Peduli Kenyamanan Jamaah, Anies Gagas Pembangunan Kampung Haji Indonesia di Arab Saudi

Anies Baswedan di Ijtima Ulama
Sumber :
  • screenshoot berita VivaNews

VIVA Jabar – Kebutuhan akan sarana dan prasarana ibadah haji dan umroh akan selalu ada selama umat muslim ada. Hal tersebut tak terkecuali bagi umat muslim Indonesia yang hendak melaksanakan rukun Islam kelima dan ibadah lainnya di Tanah Suci Mekkah.

Terbongkar, Misi Ernando Ari untuk Pelatih Shin Tae-yong

Merespon kebutuhan tersebut, Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menggagas pendirian Kampung Haji Indonesia di Arab Saudi.

"Kami melihat ke depan, dalam jangka panjang kita lihat haji umrah Indonesia itu sebagai sebuah proyek yang tidak ada batas usianya. Jangan pandang ini sebagai proyek yang ada batas usia. Selama sebelum kiamat, kita masih kirim jemaah Indonesia," ujar Anies dalam dialog bertajuk “Haji untuk Semua” bersama Bachtiar Nasir di Al Azhar Jakarta dikutip Jumat (9/2/2024).

Shin Tae-yong Percaya Diri Timnas Indonesia U-23 Bisa Bersaing dengan Siapapun

Anies Baswedan

Photo :
  • viva.co.id

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, gagasan untuk membangun Kampung Haji Indonesia di Arab Saudi menjadi solusi untuk memfasilitasi kebutuhan ibadah haji dan umroh bagi masyarakat Indonesia.

Ini Dia Wasit yang Bakal Pimpin Laga Timnas Indonesia U-23 vs Australia

"Setiap tahun, ada haji ada umrah. Kenapa kita tak memiliki sumber daya untuk bisa membangun di sana. Kalau kita punya Kampung Haji, maka harapannya bisa menjadi tempat terdepan dan bisa lingkar usaha usaha milik bangsa Indonesia. Sekarang kita polos aja uang tak kembali ke kita," paparnya.

Selain untuk menjadi penginapan bagi jamaah dari Indonesia, Anies melihat prospek lain dari Kampung Haji Indonesia, yaitu bisa menjadi etalase budaya bahkan semua yang berbau Indonesia termasuk kuliner bisa ditampilkan di sana.

Halaman Selanjutnya
img_title