Ditolak RS Hermina, Pasien Kritis di Malang Tewas dalam Ambulans

Suasana di rumah duka Malang.
Sumber :
  • Viva.co.id

Jabar –Tragedi kemanusiaan terjadi di Kota Malang, Jawa Timur. Seorang pasien kritis bernama Wahyu Widianto harus meregang nyawa dalam ambulans setelah ditolak oleh Rumah Sakit Hermina yang berlokasi di Jalan Takuban Perahu.

10 Tips Bijak Marespon Pertanyaan Kapan Nikah Saat Lebaran, Jangan Buru-buru Jawab!

Wahyu, warga Jalan Bareng Tenes, Kota Malang, mengalami kondisi kritis pada Senin, 11 Maret 2024. Sekitar pukul 18.30, tetangganya yang bernama Calvin mendapat kabar bahwa Wahyu membutuhkan bantuan medis segera.

Calvin bersama keluarga Wahyu kemudian membawa Wahyu ke Rumah Sakit Hermina dengan menggunakan becak motor. Jarak rumah Wahyu dengan rumah sakit tersebut hanya sekitar 200 meter.

WBP Lapas Khusus Gunung Sindur Diberi Kesempatan Bukber Bareng Keluarga

Namun, apa yang terjadi di rumah sakit itu sungguh mengecewakan. Wahyu ditolak dengan alasan tidak ada tempat tidur kosong untuk pasien.

"Sampai disana ditolak dengan alasan tidak ada bed. Saya ikut mengantar bersama keluarganya," kata Calvin, mengutip VIVA.co.id pada Selasa, 12 Maret 2024.

Penolakan Rumah Sakit Berujung pada Kehilangan Nyawa di Malang

Keluarga Wahyu tidak terima dengan penolakan itu. Mereka meminta rumah sakit setidaknya memberikan pertolongan pertama kepada Wahyu yang kondisinya semakin memburuk.

"Keluarga minta dicek dulu karena pasien kritis. RS beralasan tidak bisa, karena ngecek ada alatnya. Malah diminta pindah rumah sakit. Keluarga minta dicek, katanya tidak bisa butuh cek jantung dan lainnya itu alasannya," ujar Calvin.

Halaman Selanjutnya
img_title