Hardiknas 2023, Kadisdik: Anak Didik Penentu Masa Depan Bangsa

Anak didik
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarAnak didik adalah masa depan yang akan menentukan kemajuan bangsa.

7 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat, Cocok Dikunjungi Selama Bulan Ramadhan

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (2/5/2023).

Kadisdik menjelaskan, kesiapan anak didik ditunjukkan dengan kemampuan mereka beradaptasi dan bersaing pada zamannya. Hal tersebut dapat terwujud dengan peningkatkan pelayanan pendidikan melalui akses, mutu, dan tata kelola pendidikan.

Potensi Korupsi Dana Desa Cukup Tinggi, Dispemdes Subang Gandeng Kejaksaan

Di tahun 2022, ungkap Kadisdik, harapan lama sekolah di Jabar mencapai angka 12,62, melebihi target 12,54. Sama dengan rata-rata lama sekolah yang ada di angka 9,78, melebihi target 8,60.

"Namun, tentu saja capaian target ini bukan merupakan tujuan final dari pelayanan pendidikan. Karena, urgensi dari pendidikan itu sendiri adalah terakses pendidikan untuk semua," ucapnya.

Korban Gusuran Bendungan Sadawarna Subang Jadi Bos Kontrakan

Peningkatan akses ini, lanjutnya, didorong dengan telah berdirinya belasan unit sekolah baru. Rinciannya, 7 SLB, 22 SMK, dan 60 SMA. Senada, jumlah peserta didik pun meningkat di tahun 2022.

"Terkait akses, kabar menggembirakan adalah adanya penambahan yang cukup signifikan pada 2022 dengan penambahan sebesar 33.789 siswa, dari semula 1,869 juta siswa menjadi 1,9 juta," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title