Jika Pemprov Lampung Tak 'Becus' Urusi Jalan Rusak, Jokowi Minta PUPR Turun Tangan

Presiden Jokowi tinjau jalan rusak di Lampung naik mobil Indonesia 1
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA JabarPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini meninjau jalan yang rusak di Lampung yang menjadi viral di media sosial. Jokowi meninjau jalan yang rusak di Lampung setelah mengunjungi pasar Natal di Lampung Selatan untuk mengecek tingkat i flasi di daerah tersebut.

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

"Ini melihat inflasi, kita melihat inflasi, melihat harga-harga tapi juga ingin melihat infrastruktur. Utamanya jalan. Karena ini menjadi kunci. Biaya logistik itu sangat tergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki," kata Jokowi di Pasar Natar, Jumat 5 Mei 2023.

Jokowi memerintahkan kepada Pemerintah Provinsi khususnya di daerah Lampung untuk segera memulai pembangunan pada jalan yang rusak. Apabila Pemerintah Provinsi ataupun pemerintah daerah tersebut tak memiliki kemampuan membangun jalan, maka pembangunan jalan akan diambilalih oleh Kementerian PUPR.

Retribusi Parkir Menguap Rp500 Juta Lebih, Dishub Akan Tindak Jukir Liar

"Secepat-cepatnya dimulai, yang rusak, yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian Kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh kementerian PU. Utamanya yang jalannya rusak parah," ujar Jokowi

Sebelumnya, dalam keterangannya di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, pada Kamis 4 Mei 2023 kemarin, Jokowi menyebut bahwa pembangunan infrastruktur jalan merupakan hal yang sangat penting karena akan mendukung arus mobilitas barang maupun orang.

2.034 Pemudik di Bandung Raya Ikut Program Mudik Gratis

"Begitu jalan rusak, apalagi jalan produksi, akan mengganggu yang namanya komoditas itu, mobilitas orang, mobilitas barang, biaya logistik akan naik sehingga barang itu tidak bisa bersaing dengan provinsi lain, daerah lain, atau negara lain," jelas Presiden.

Untuk itu, dalam kunjungan kerja kali ini Kepala Negara ingin memastikan bahwa infrastruktur jalan di Provinsi Lampung dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakatnya.

Halaman Selanjutnya
img_title