Transformasi dan Pembenahan BUMN Dinilai Berjalan Baik di Kepemimpinan Erick Thohir

Erick Thohir
Erick Thohir
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarTransformasi dan pembenahan dana pensiun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus dilakukan Menteri Erick Thohir.

Hasilnya transformasi dan pembenahan tersebut dinilai berjalan baik. Salah satu hasil nyata yakni PTPN 2 yang berhasil membayarkan santunan hari tua.

Padahal selama kurun waktu 10 tahun terakhir ini, PTPN 2 kesulitan untuk membayar santunan hari tua yang menjadi hak karyawan yang sudah memasuki masa purna bakti.

Fina Itriyati dari Departemen Sosiologi Fisipol UGM menilai langkah pembayaran santunan hari tua yang dilakukan PTPN 2 itu merupakan salah satu bukti komitment yang kuat dari Menteri Erick Thohir untuk melakukan transformasi dan pembenahan menyeluruh baik itu di BUMN maupun dana pensiun BUMN.

"Dengan membayarkan santunan hari tua BUMN ikut bertanggung jawab terhadap karyawan yang sudah memasuki masa purna bakti.

Lanjut Fina, selama management perusahaan BUMN tak pernah diperhatikan. Karyawan yang memasuki masa pensiun banyak yang tidak diperhatikan. Management beranggapan santunan hari tua sudah merupakan bagian dari jaminan hari tua melalui BPJS Tenaga Kerja.

Padahal santunan hari tua yang ada di BUMN bukan merupakan bagian dari jaminan hari tua BPJS Tenaga kerja. Sebab dana santunan hari tua karyawan BUMN diperoleh dari iuran perusahaan BUMN atau potongan dari karyawan BUMN yang dipungut selama ia bekerja di perusahaan milik negara tersebut