Kopdar dengan Dede Yusuf, Dedi Mulyadi Bahas Prospek Pendidikan Jawa Barat: Gratis Hingga SMA?

Kang Dedi Mulyadi (KDM) dan Dede Yusuf
Sumber :
  • Tim VIVA Jabar

Jabar, VIVA Dedi Mulyadi atau yang akrab disapa Kang Dedi Mulyadi (KDM) sempat terlibat obrolan santai dengan aktor sekaligus politisi Dede Yusuf. Kedua tokoh publik tersebut membahas dua poin yakni berkaitan dengan pariwisata Jawa Barat, serta masalah pendidikan baik di tingkat lokal hingga nasional.

Hasil Survei Terbaru 4 Calon Gubernur Pilgub Jabar 2024, Dedi Mulyadi di Atas Angin

Menurut Dede Yusuf, menanamkan spirit dan nilai-nilai tidak terlepas dari tiga unsur penting, yakni keluarga, sekolah dan guru. Namun, terjadi masalah di dunia pendidikan yang salah satunya berkaitan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Dedi Mulyadi Kopdar bersama Dede Yusuf

Photo :
  • Tim VIVA Jabar
Dedi Mulyadi Kopdar Sama Dede Yusuf Bahas Event Besar Pariwisata Jawa Barat

Menurut mantan Wakil Gubernur Jawa Barat tersebut, masalah PPDB terjadi karena sekolah tingkat selanjutnya yang berstatus negeri nyaris tidak mampu menyerap lulusan sekolah tingkat sebelumnya.

"Kenapa (masalah) PPDB terjadi karena jenjang sebelumnya lebih banyak dari jenjang berikutnya. SD ke SMP, SMP nya kurang. SMP ke SMA, SMA nya kurang. (Itu terjadi) Karena ngitungnya sekolah negeri." kata Dede Yusuf yang dibenarkan oleh KDM.

Dedi Mulyadi Temui Keluarga Korban Tabrak Kereta Api di Hari Kampanye Pertama Pilgub Jabar

"Kalau saja dia ngitungnya dengan sekolah swasta maka tidak akan kurang." sambung Dede.

Kemudian, Dede Yusuf menawarkan solusi untuk masalah pendidikan tersebut. Menurutnya, yang harus dilakukan adalah menyetarakan fasilitas dan kualitas sekolah swasta dengan negeri.

Halaman Selanjutnya
img_title