Pilkades Serentak KBB 2023 Mesti Lahirkan Pemimpin-pemimpin Muda

Septian Insan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Tokoh Pemuda Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Septian Insan mengharapkan gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di KBB dapat melahirkan pemimpin-pemimpin muda desa.

7 Destinasi Wisata Paling Hits di Jawa Barat untuk Libur Lebaran

Septian mengharapkan, hajat demokrasi tertinggi masyarakat desa di KBB itu, bisa menstimulus semangat perjuangan generasi-generasi muda di KBB, untuk turut andil memperjuangan kepentingan masyarakat desa.

Bukan lagi saatnya, kelompok muda hanya menjadi penonton, parahnya komoditas politik. Generasi milenial, juga memiliki peran yang sama dalam hal menentukan arah kemajuan masyarakat desa.

Lebaran di Jeruji Besi, Pembesuk Yosep Wajib Minta Izin Pengadilan Negeri Subang

"Semua merindukan kelahiran pemimpin-pemimpin muda visioner. Sebagaimana amanat Bung Karno, dengan 10 pemuda kita bisa mengguncang dunia. Kami yakin, pemuda KBB banyak yang memiliki potensi menjadi pemimpin-pemimpin muda di desa," kata Septian, Selasa 16 Mei 2023.

Rencananya, Pilkades Serentak di 12 desa KBB bakal diselenggarakan pada tanggal 2 Juli 2023 mendatang. Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat telah mengalokasikan anggaran Pilkades Serentak 2023 sebesar Rp2,6 miliar.

Sajian Lezat Lebaran, 7 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

"Kita haus dan menunggu kelahiran pemimpin-pemimpim muda desa di KBB melalui momentum pilkades serentak ini," ucap Ketua Forum Solidaritas Pemuda Pajajaran KBB ini.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KBB, 12 desa di KBB yang menggelar Pilkades serentak meliputi Desa Sukajaya dengan jumlah pemilih sebanyak 9.702 pemilih, Desa Pagerwangi 7.364 pemilih, Desa Cikole 9.548 pemilih, Desa Cipada 5.049 pemilih, Desa Mandalamukti 9.508 pemilih.

Halaman Selanjutnya
img_title