Hasil Analisa Big Data: KDM Jadi Tokoh Terpopuler di Jawa Barat

Dedi Mulyadi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Big Data Jayabaya merilis hasil penelitian terbarunya terhadap sejumlah nama tokoh yang populer di Jawa Barat (Jabar). Hasilnya, Kang Dedi Mulyadi (KDM) memuncaki tokoh terpopuler di Jabar.

Agenda Pembacaan Eksepsi, JPU Sebut Kuasa Hukum Yosep Kurang Cermat

CEO sekaligus peneliti Big Data Jayabaya Gumilar Satriawan mengatakan hasil tersebut diolah melalui Engine-X yang kemudian me-extract data dari media sosial dan media online.

“Big data ini merangkum semua pembicaraan dan ketersukuaan yang kemudian diterjemahkan menjadi komentar negatif dan positif,” ujar Gumilar.

Bayi Prematur di Purwakarta yang Sempat Ditolak RS Meninggal Dunia, KDM Minta Maaf

Dari data yang dihimpun sejak 1 Januari 2023 pukul 00.00 WIB hingga 31 Mei 2023 pukul 7.30 WIB telah terhimpun 28.655 data dari 35.761 net user.

Hasilnya, KDM menempati posisi pertama dengan meraih 36,6 persen. Disusul posisi kedua Ridwan Kamil dengan 32,7 persen, Mochamad Iriawan 9,4 persen, Bima Arya Sugiarto 5,4 persen, Uu Ruzhanul Ulum 4,3 persen, Desy Ratnasari 3,3 persen dan Ahmad Syaikhu 2,2 persen.

Retribusi Parkir Menguap Rp500 Juta Lebih, Dishub Akan Tindak Jukir Liar

Selain itu ada ada sejumlah tokoh yang masuk dalam data dengan persentase satu persen yakni Ono Surono, Deddy Mizwar, Saat Mustofa, Cucun Syamsurizal, Mulyadi dan Taufik Hidayat.

“Berdasarkan variable keterkenalan dan ketersukaan masing-masing tokoh yang dalam konteks big data disebut subjek. Hasilnya Kang Dedi Mulyadi di posisi pertama,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title