Innalillahi, Balai Pengajian Muhammadiyah Bireun Aceh Dibakar OTK

Ilustrasi Kebakaran
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Muhammadiyah Bireun memiliki sebuah balai pengajian. Balai tersebut terletak di Desa Sangso, Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireun, Aceh.

Dedi Mulyadi Sebut Pola Sosial Ekonomi Muhammadiyah Sunda Pisan

Balai tersebut memang sebuah bangunan tua dan sering digunakan oleh sebagian orang sebagai tempat singgah. 

Pengurus Muhammadiyah Kabupaten Bireun pernah berencana membangun balai itu menjadi sebuah masjid dengan nama Masjid At-Taqwa Muhammadiyah.

Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Besok, Hari Raya Idul Fitri Diprediksi Serentak

Namun, Pengurus Muhammadiyah Kabupaten Bireun mengurung rencana pembangunan masjid Muhammadiyah karena mendapat penolakan dari warga setempat. Lalu, diganti menjadi mushola agar orang-orang yang biasa singgah bisa melaksanakan salat di Mushola nanti.

Tapi, musibah melanda. Bangunan mushola yang hanya baru dibangun tempat wudhu dan wc musala di area balai pengajian itu dibakar oleh OTK. Kejadiannya pada Selasa (30/5/2023) kemarin.

Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh, A Malik Musa membenarkan peristiwa itu. Kata dia saat ini pihaknya sudah melaporkan kasus itu ke pihak kepolisian agar pelaku bisa ditangkap.

Malik Musa menduga, sebelum kejadian pihaknya mendapat penolakan dari warga terkait rencana pembangunan Masjid dan setelah melakukan pertemuan dengan tokoh agama setempat juga mendapat arahan dari Prof Muhajir, mereka mengurungkan niat untuk membangun masjid. 

Halaman Selanjutnya
img_title