Ono Surono Kritik Kebijakan Jokowi Izinkan Ekspor Pasir Laut

Ketua DPD PDI P Jabar, Ono Surono
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono angkat bicara terkait izin ekspor pasir laut yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

Istana Tegaskan Jokowi Tak Ikut Campur Pembentukan Kabinet Prabowo-Gibran

Izin diberikan kepada sejumlah pihak mengeruk pasir laut untuk mengendalikan hasil sedimentasi di laut.

"Bila dihadapkan pada masalah sendimentasi laut maka  itu sangat menentang hukum alam dimana saya lihat di wilayah pantai. Sendimentasi (pengendapan material tanah/pasir melalui air sehingga bisa membentuk daratan) terjadi bersamaan dengan abrasi (terkikisnya pantai/daratan karena gelombang). Itu salah satu bentuk keseimbangan alam yang diciptakan Tuhan YME," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini, Kamis 1 Juni 2023.

Tegas, Erick Thohir Minta GBK Serius Perhatikan Kondisi Lapangan

Ono juga menambahkan, pada izin itu  pasir hasil sendimentasi itu dikeruk dan dialihkan ke wilayah lain atau bahkan dijual ke pihak asing.

"Lho artinya kita merelakan wilayah daratan Indonesia berkurang dan mempersilahkan negara lain bertambah wilayahnya. Saya pikir, Presiden harus mempertimbangkan lagi," ujarnya.

Nonton Langsung di SUGBK, Jokowi Bersyukur Atas Kemenangan Indonesia atas Vietnam

Ono mengungkapkan Komisi IV DPR RI akan membahas hal ini saat melaksanakan rapat kerja dengan Menteri KKP beserta Eselon 1 KKP.

Ia juga mengingatkan pemerintah agar tidak membuat kebijakan yang akhirnya merugikan anak cucu kita kelak. 

Halaman Selanjutnya
img_title