Hilang di Turki, Dosen UII Terlacak Ada di Amerika Serikat

Ahmad Munasir Rafie Pratama
Sumber :
  • viva.co.id

Jabar – Universitas Islam Indonesia (UII) tidak dapat dihubungi mulai beberapa hari yang lalu saat sedang berkunjung ke Norwegia. Dosen bernama Ahmad Munasir Rafie Pratama itu dikabarkan hilang saat perjalanan pulang menuju Indonesia melalui jalur Istanbul, Turki. Pria tersebut dinyatakan hilang sejak 12 Februari 2023 silam.

Artefak Kuno Asal Indonesia Dikembalikan, Benarkah Hasil Curian?

Pihak UII pun turut serta dalam upaya pencarian Dosen tersebut. Berdasarkan beberapa informasi yang didapat, pihak UII memberi pernyataan bahwa Ahmad terlacak memasuki Negara Paman Sam, Amerika Serikat pada 13 Februari 2023.

"Ahmad terdeteksi masuk Amerika Serikat melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023. Temuan ini didasarkan pada data dari United States Customs and Border Protection (US CBP)," kata Rektor UII Fathul Wahid, Minggu, 19 Februari 2023.

Gedung Putih Beri Mandat NASA untuk Membuat Zona Waktu Bulan

Rektor UII itupun juga mengungkapkan bahwa Ahmad terlacak memasuki Amerika Serikat, namun hingga kini lokasi atau tempat dimana ia berada belum diketahui. Pihak UII juga mengaku tidak tahu Ahmad ke Amerika Serikat dalam rangka apa.

"Lokasi keberadaan Ahmad di Boston tidak diketahui secara pasti. Begitu juga, UII belum mengetahui misi atau alasan mengapa Ahmad menuju Boston sekembalinya dari Oslo melalui Istanbul, dan tidak langsung ke Indonesia. Sampai saat ini, Ahmad belum bisa dihubungi," ujarnya.

10 Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia Versi Islamic Finder

Fathul menambahkan, UII dan keluarga berharap Ahmad segera menghubungi untuk mengabarkan lokasi dan keadaannya. UII juga berharap setelah urusan di Boston selesai, Ahmad dapat kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat dan baik.

Fathul juga menegaskan, apabila pihak UII dibutuhkan untuk pendampingan, penjemputan dan pemulangan, UII siap berkoordinasi dengan Kemlu RI atau KJRI untuk New York.