Terkuak Penyebab Tabrakan Kereta Api di India yang Memakan Ratusan Korban Jiwa

Kecelakaan 3 Kereta di India
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kesalahan sistem pensinyalan elektronik menyebabkan kereta tergelincir di India yang menewaskan hampir 300 orang dan melukai ratusan lainnya, kata para pejabat. Kesalahan tersebut menyebabkan kereta api salah mengubah jalur dan menabrak kereta barang di negara bagian Odisha di India timur, menciptakan kecelakaan yang melibatkan kereta penumpang kedua juga.

Seorang Remaja di Subang Ditusuk Gengster hingga Tembus ke Paru- Paru

Pihak berwenang harus bekerja keras untuk membersihkan puing-puing dua kereta penumpang yang tergelincir Jumat malam di distrik Balasore di Odisha dalam salah satu kecelakaan kereta api paling mematikan di negara itu dalam beberapa dekade.

Pernyataan pemerintah Odisha merevisi jumlah korban tewas menjadi 275 pada hari Minggu. Lebih dari 850 lainnya terluka pada Sabtu malam, menurut pejabat. Sabtu pagi, tentara India membantu polisi dan Pasukan Tanggap Bencana Nasional, serta tim penyelamat lainnya, untuk mencari korban selamat.

Bus Terguling di Cipali, 5 Penumpang Luka Berat

"Kami sangat tidak berharap menyelamatkan siapa pun hidup-hidup," kata Sudhanshu Sarangi, kepala dinas pemadam kebakaran Odisha.

Jaya Verma Sinha, seorang pejabat senior perkeretaapian, mengatakan penyelidikan awal mengungkapkan bahwa sinyal diberikan kepada Coromandel Express berkecepatan tinggi untuk berjalan di jalur jalur utama, tetapi sinyal tersebut kemudian berubah, dan kereta malah memasuki jalur melingkar yang berdekatan di mana itu menabrak sebuah barang yang sarat dengan bijih besi.

Kronologi Kecelakaan Maut di KM 58 Tol Cikampek

“Menurut temuan awal, ada beberapa masalah dengan pensinyalan” kata Jaya Varma Sinha dari dewan perkeretaapian India kepada media setempat, melansir ABC News. Dia mengatakan penyelidikan terperinci akan mengungkapkan apakah kesalahan itu manusia atau teknis. “Kami masih menunggu laporan rinci dari Komisioner Keselamatan Perkeretaapian,” lanjutnya.

Tabrakan itu membalikkan gerbong Coromandel Express ke jalur lain, menyebabkan Yesvantpur-Howrah Express yang masuk dari sisi berlawanan juga tergelincir, katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title