Program Ponpes Al-Zaytun Dalam Pembangunan Masjid

Ponpes Al-Zaytun Indramayu Jawa Barat
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Ponpes Al-Zaytun Indramayu Jawa Barat memiliki sebuah masjid megah. Uniknya, untuk membangun masjid megah tersebut, pengurus ponpes memiliki sejumlah program yang terbilang fenomenal.

Ini Kriteria Pemilik KTP KK Masuk Penerima BPNT Rp2,4 Juta

Seperti kita ketahui membangun masjid untuk kepentingan ibadah dan pendidikan pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit. Panitia, pengurus dan takmir masjid, biasanya mencari dana dengan berbagai cara, dari meminta sumbangan kepada warga yang ada di sekitar hingga meminta-minta di jalanan. 

Melansir dari viva.co.id, Pondok Pesantren terbesar di Indramayu Jawa Barat, Pondok Pesantren Al Zaytun, punya cara sendiri. Mereka mengumpulkan dana pembangun masjid dari para santrinya dengan cara Jammas (Jahe Membangun Masjid). Dengan program ini, pengelola pesantren menanam jahe. Setelah besar dan bisa dipanen, hasilnya bisa digunakan untuk pembangunan masjid. 

Klaim Sekarang! Insentif Saldo DANA Gratis Rp700.000 dari Prakerja untuk Peserta Lolos Pelatihan

Selain Jammas, ada juga Japale (Jahe Padi Kacang Kedelai). Mereka menanam jahe padi dan kedelai, setelah panen hasilnya bisa digunakan untuk pembangunan masjid dan keperluan pondok lainnya.