Panji Gumilang Perkenalkan Salam 'Havenu shalom aleichem', UAS: Itu Salam Yahudi bodoh!

Ustadz Abdul Somad
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar - Keberadaan Ponpes Al-Zaytun Indramayu mendapat aneka ragam kritik dari sejumlah tokoh masyarakat dan ulama. Pasalnya, diduga banyak penyimpangan yang diajarkan oleh Pimpinan Ponpes tersebut, Panji Gumilang.

Melihat Tradisi Penyapu Koin Bertaruh Nyawa di Pantura Indramayu

Belum lama ini, viral ajaran yang disampaikan Panji Gumilang tentang gaya salam baru. Salam itu dikenal dengan sebutan ‘salam Yahudi’ yang kini banyak ditentang lantaran diperkenalkan kepada santri. 

"Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak Assalamualaikum saja, sambil kita bernyanyi, saya kira yang hadir walaupun tidak pandai, tapi bisa bernyanyi. Kita ucapkan kepada sahabat kita "havenu shalom aleichem", dalam bentuk bernyanyi. Silakan berdiri, karena ini satu syuro," ujar Panji Gumilang dalam video yang beredar dilansir dari viva.co.id

Tradisi Menyapu Uang di Jembatan Sewoharjo, Demi Memenuhi Kebutuhan Lebaran

Setelah seluruh santri dan tamu undangan berdiri, pimpinan Ponpes Al-Zaytun itu mulai mencontohkan salam tersebut, agar dinyanyikan bersama. 

“Havenu shalom aleichem,” kata dia sambil meminta tamu undangan mengikutinya.

Tertangkap Basah Saat Curi Motor, Dua Mahasiswa Asal Indramayu Dikormas Warga

Sontak hal tersebut pun langsung mendapat banyak respons negatif dari berbagai kalangan, khususnya dari tokoh-tokoh Islam, misalnya saja dari ulama kenamaan Tanah Air, Ustaz Abdul Somad (UAS).

Dalam ceramahnya, Ustaz Abdul Somad mengatakan bahwa yang demikian adalah hal bodoh. 

Halaman Selanjutnya
img_title