Panji Gumilang Ragukan Nabi Adam, Warganet: Sampean Katanya Kiyai Syeh Harusnya Pake Al-Quran

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Keberadaan Nabi Adam AS sebagai manusia pertama yang diciptakan Allah SWT disanksikan oleh Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang. Keyakinan ini, disampaikan Panji dalam sebuah pidatonya. Panji dengan terang-terangan menyampaikan kesanksiannya terhadap Nabi Adam AS

Ikut Serta Dalam MTQ Provinsi Ke-XXXVIII, Pemda Subang Lepas 21 Kafilah ke Bekasi

Melansir dari viva.co.id, keraguan Panji Gumilang mengenai Nabi Adam AS sebagai manusia pertama salah satunya diunggah oleh pemilik akun TikTok @herypatoeng. Hingga kini, unggahan tersebut sudah ditonton lebih dari 2.5 juta pengguna.  

"Saudara-saudara, Adam yang sering kita katakan bahwa manusia pertama, bisa jadi betul, juga bisa jadi meleset," ungkap Panji Gumilang dalam tayangan video tersebut.

Bikin Pangling, Tampang Terbaru Ammar Zoni Disebut Mirip Syekh Puji

Panji Gumilang menambahkan mengenai sosok Nabi Adam AS diciptakan dari debu atau tanah. Hal ini juga tertulis dalam Alkitab, baik perjanjian lama, perjanjian baru, maupun perjanjian masa kini. 

"Di dalam Alkitab menceritakan bahwa Adam diciptakan dengan debu atau tanah. Kemudian, terciptalah makhluk yang diberi nama Adam itu," terangnya. 

Hei Para Jomblo, Ini Doa dan Amalan Pengikat Jodoh Agar Langgeng ke Pernikahan Bahagia Dunia Akhirat

Dari pernyataan tersebut, Panji Gumilang diduga tak meyakini bahwa Adam adalah manusia pertama yang sudah diciptakan oleh Allah SWT. Padahal, Allah SWT sudah berfirman dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 59 yang mengatakan bahwa Adam diciptakan dari tanah. 

"Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) Isa bagi Allah, seperti (penciptaan) Adam. Dia menciptakannya dari tanah, kemudian Dia berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu," (QS. Ali Imran: 59).

Halaman Selanjutnya
img_title