MUI Sebut Ngawur Karena Ucap Diri Seorang Komunis, Begini Klarifikasi Panji Gumilang

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Indramayu Jawa Barat, Panji Gumilang bingung dituduh komunis oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Panji keheranan, lembaga resmi keagamaan selevel MUI dengan mudahnya mengecap seseorang berlandaskan sumber dari media sosial TikTok.

Orang China dan Jepang Unggul Kesehatan Meski Konsumsi Mie Instan

"Saya juga tidak tahu (dituduh komunis). Saya pahami, oh ini ternyata dari TikTok. Saya memang mengatakan (komunis), tapi ada proses mengatakan itu," ujar Panji dalam program Kick Andy, dilansir dari viva.co.id. 

Dalam program Kick Andy itu, Panji Gumilang manfaatkan kesempatan untuk mengklarifikasi pernyataan-pernyataan dirinya yang sempat bikin heboh publik. salah satunya adalah ucapan 'Saya Komunis'. Padahal, kata Dia, itu kan ada proses, juga ada kalimat pengantar dan akhirnya.

Kalah dari China, Tim Uber Indonesia Jadi Runner Up di Uber Cup 2024

Panji menjelaskan, selain sebagai pendiri Ponpes Al-Zaytun, dia juga sebagai pengusaha. Panji bilang, dalam kapasitasnya sebagai pengusaha atau pebisnis sering melakukan impor barang dari negara China

"Saya kecil-kecil juga pengusaha, karena di Indonesia tidak ada barangnya, kemudian saya sering impor ke negeri China," ucapnya.

May Day 2024, Ketua Apindo Jabar: Pengusaha dan Buruh Bersatu Menuju Indonesia Emas 2045

Setelah melakukan impor barang, kata dia, direktur utama dari perusahaan yang diimpor Panji datang ke Indonesia. Panji mengaku bertemu dengan direktur utama itu. Awalnya, Panji terkesimak dengan kehebatan China. China dikenal sebagai negara yang perekonomiannya maju. Dari situ, Panji terketuk untuk melakukan penelitian di balik kesuksesan China.

"Kemudian sekian bulan lamanya, direktur utama mereka mengecek. Datang ke tempat kita, setelah itu ngobrol, nah ini kelemahan saya kok saya nanya agama. Tapi saya ingin tahu, saya meneliti China kok bisa maju cepat," ucap dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title