Begini Respon Mahfud MD, Soal Pencabutan Izin Ponpes Al Zaytun

Mahfud MD
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memberikan tanggapan mengenai rekomendasi untuk mencabut izin hingga membubarkan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun.

Melihat Tradisi Penyapu Koin Bertaruh Nyawa di Pantura Indramayu

Mahfud menegaskan bahwa pihaknya belum membahas rekomendasi untuk mencabut izin Pondok Pesantren Al Zaytun. Hal ini disebabkan karena pemerintah selama ini belum pernah menutup pondok pesantren, meskipun terdapat pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pengurusnya.

"Kita belum sampai ke kesimpulan itu, tapi selama ini kita belum pernah menutup pondok pesantren," ujar Mahfud di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Juli 2023.

Tradisi Menyapu Uang di Jembatan Sewoharjo, Demi Memenuhi Kebutuhan Lebaran

Mahfud pun mencontohkan Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo yang didirikan oleh Abu Bakar Baasyir, mantan napi terorisme.

"Termasuk pondok pesantren yang seperti Al Mukmin sekalipun, kita tidak (menutup). Tapi kalau pribadi yang melakukan pidana ya kita... Tapi itu akan di baca dulu," ucapnya. 

Tertangkap Basah Saat Curi Motor, Dua Mahasiswa Asal Indramayu Dikormas Warga

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan ada rekomendasi untuk membekukan hingga pembubaran Pondok Pesantren Al-Zaytun. Hal tersebut disampaikannya di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 3 Juni 2023.

Menurutnya, langkah itu harus dilakukan secara bijak dan memberi solusi agar ribuan yang sudah berstatus murid atau santri disana bisa diberikan solusi pendidikan seadil-adilnya.

Halaman Selanjutnya
img_title