Erick Thohir Bakal Jadi Rebutan Prabowo dan Ganjar, Ini Alasannya

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Erick Thohir
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Setelah Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menempatkan Erick Thohir diperingkat pertama cawapres, Indikator Politik Indonesia juga menempatkannya sebagai cawapres pilihan masyarakat Indonesia. Erick (22,9%) menggungguli ridwan Kamil (20,1%) dan Sandiaga Salahuddin Uno (17,5%). Dari data yang dihimpun Indikator, Erick sangat diminati oleh calon pemilih generasi Millenials dan generasi gen Z.

Shin Tae-yong Tak Khawatirkan Target Tinggi dari PSSI

Data dari Indikator menyebutkan 20,7% generasi Millenials menyukai sosok Menteri BUMN tersebut. Sedangkan generasi Z yang menyukai Erick sebagai cawapres lebih besar lagi mencapai 26,5%. Leo menduga generasi Z dan Millenials menyukai Erick lantaran mereka sangat realistis, terpelajar dan kerap mendapatkan informasi baik dari media masa maupun media sosial.

"Mereka tau kiprah Erick baik sebagai Menteri BUMN dan juga ketua umum PSSI. Apa lagi saat ini generasi Z dan Millenials menyukai sepak bola. Dengan banyaknya informasi positif mengenai keberhasilan membenahi BUMN serta sepak bola di Indonesia tersebut membuat  generasi muda menilai sosok Erick dapat mengemban tugas yang lebih tinggi lagi sebagai cawapres,"ujar Leo.

Akan Temui Erick Thohir, Shin Tae-yong Singgung soal Kontrak dan Target

Jika merujuk data Indikator, menurut pengamat politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Leo Agustino, Ph.D,  elektabilitas Erick masih sangat terbuka untuk terus meningkat. Sebab popularitas nama Erick saat ini masih 68,7% dengan 86% menyukai sosoknya. Dengan besarnya masyarakat yang menyukai sosoknya tersebut menurut Leo potensi Erick untuk dapat maju sebagai cawapres dan memenangkan kontestasi pilpres 2024 mendatang sangat besar.

"Pemilu masih sangat jauh. Saya yakin kepopularan Erick dapat terus meningkat. Bahkan bisa tembus hingga 90%. Apa lagi Erick saat ini sangat diminati oleh  calon pemilih generasi Millenials dan generasi gen Z. Jumlah calon pemilih generasi Millenials dan generasi gen Z saat ini merupakan yang terbesar. Jika terus meningkat bisa dipastikan ia dapat mengantar capres yang ada sebagai pemenang,"kata Leo.

Serius! PSSI akan Kerjasama dengan Polisi, Ada Apa?

Leo melihat sampai saat ini Erick belum memaksimalkan mesin-mesinnya untuk mendongkrak kepopularitasnya baik di generasi Millenials dan generasi gen Z maupun di segment Baby Boomer ataupun Gen X. Selain itu Leo melihat Erick belum mengoptimalkan potensi suara pemilih dari luar Jawa dan kaum hawa. Tim Erick harusnya sudah mulai memperkenalkan Erick di luar Jawa dan kaum hawa.

"Saat ini pemilih luar Jawa yang digarap Erick baru di Minang. Daerah lain belum tersentuh. Padahal potensi pemilih pemula di pedesaan sangat besar dan belum ada yang menggarap. Misalnya timnya pak Erick bisa memperkenalkan program pemberdayaan anak muda di pedesaan. Litrasi anak muda  di desa terhadap program dan keberhasilan kinerja Erick masih rendah. Jika timnya bisa memperkenalkan dengan baik saya yakin Erick mampu membawa kemenangan bagi kandidat capres,"kata Leo.

Halaman Selanjutnya
img_title