Respon MUI Soal Marawis dan Shalawat Nabi Iringi Peresmian Gereja

Acara peresmian Gereja Katolik di Muara Enim
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA JabarPeresmian Gereja Katolik di Lawang Kidul, Tanjung Enim, Muara Enim, Sumatera Selatan tak hanya mendapat sorotan dari kalangan biasa. Majlis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Selatan (Sumsel) pun akhirnya angkat bicara.

PBNU Tetapkan 1 Ramadan 1445 H pada Selasa 12 Maret 2024

Dalam pandangan MUI Sumsel, tidak semestinya lantunan shalawat dan musik Marawis mengiringi peresmian sebuah Gereja. Sekretaris MUI Sumsel, KH. Ayik Farid Alaydrus mengatakan setiap marawis pasti menyebut nama Allah SWT.

"Seharusnya itu tidak harus terjadi karena setiap Marawis pasti menyebut nama Allah SWT," ujar Sekretaris MUI Sumsel, KH Ayik Farid Alaydrus kepada awak media, Rabu, 26 Juli 2023.

Mantan Sekjen PKB Ungkap Penyebab AMIN Kalah dari Prabowo-Gibran, Ungkit Hubungan PKB - NU

KH. Farid juga menambahkan bahwa shalawat nabi dan marawis identik dengan agama Islam, sehingga tidak layak jika dilantunkan pada peresmian Gereja umat Nasrani. Sekretaris MUI Sumsel itu menyesali apa yang sudah terjadi.

“Jadi diharapkan jika itu adalah hal yang khilaf. Ke depannya jangan terjadi lagi. Yang sudah terjadi jadikan suatu pelajaran dan jangan diulang lagi di waktu yang akan datang," kata dia.

Ricuh, GP Ansor Tolak Pengajian Syafiq Riza Basalamah di Surabaya

Dia lantas menjabarkan alasannya sangat melarang kegiatan seperti ini dilakukan. menurutnya, toleransi antar umat beragama harus memiliki batasan. Selama itu mengandung nilai syariah serta di dalamnya terdapat pemujaan kepada Allah dan Rasulnya maka tidak bisa dijadikan alasan toleransi.

"Kalau dia mengandung tiga nilai tersebut, menurut pendapat kami tidak boleh (jadi media toleransi),” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title