Viral! Aksi Vandalisme di Gua Hira yang Bertuliskan "Depok", Berikut Sejarah Gua Hira

Gua Hira
Sumber :
  • screenshot berita viva news

VIVA Jabar - Gua Hira adalah tempat suci yang terletak di lereng bukit Jabal Nur, di dekat kota suci Mekah, Arab Saudi. Tempat ini memiliki makna religius yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia, karena menjadi tempat bersejarah bagi Nabi Muhammad SAW.  Namun, aksi vandalisme dari jemaah haji Indonesia malah mengotori tempat suci tersebut.

Timnas Indonesia U-23 Wajib Waspada, Ada Sosok Ini di Daftar Pemain Uzbekistan

Rekaman vandalisme tersebut bahkan viral di media sosial dan tampak tulisan Depok serta beberapa nama yang biasanya digunakan di Indonesia.  Perjalanan ke Gua Hira yang seharusnya mengandung nilai-nilai spiritual malah terganggu dengan sampah dan vandalisme yang berasal dari jemaah haji Indonesia.

Nah, berikut sejarah Gua Hira seperti dilansir dari berbagai sumber. 

Timnas Indonesia U-23 Jumpa Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

Latar Belakang Gua Hira

Sebelum menyelami sejarah Gua Hira, alangkah baiknya kita melihat latar belakang pentingnya tempat ini dalam tradisi Islam. Pada awal abad ke-7 Masehi, Mekah merupakan pusat peradaban pagan yang sarat dengan berbagai jenis praktik dan keyakinan agama.  Di tengah kesemrawutan moral dan spiritual, Nabi Muhammad SAW mencari kesunyian dan menyendiri. Gua Hira menjadi tempat di mana beliau menarik diri untuk beribadah dan merenungkan kehidupan dan makna eksistensi.

Terbongkar, Misi Ernando Ari untuk Pelatih Shin Tae-yong

Wahyu Pertama

Pada tahun 610 Masehi, ketika Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun, peristiwa monumental terjadi di Gua Hira yang akan mengubah sejarah dunia. Dalam salah satu malam bulan Ramadan, ketika Nabi Muhammad tengah bermeditasi di gua tersebut, Malaikat Jibril datang.  Malaikat datang dengan membawa wahyu pertama dari Allah SWT. Wahyu tersebut berisi awalan dari surat Al-Alaq (96) ayat 1-5, di mana Allah memerintahkan Nabi untuk membaca dengan menyebut nama Tuhan yang menciptakan manusia dari segumpal darah.

Halaman Selanjutnya
img_title