Selesaikan Hutang PT Istaka Karya, Pengamat Acungi Jempol Erick Thohir

Ketum PSSI Erick Thohir
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA JabarMenteri BUMN Erick Thohir selalu memiliki inisiatif untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di tubuh BUMN. Belum lama ini, Erick menyiapkan solusi untuk menyelesaikan hutang PT Istaka Karya (Persero).

Indonesia U-23 Melaju ke Semi Final Piala Asia U-23, Erick Thohir Buka Suara: Bangga

Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI itu mengatakan bahwa ada beberapa skema untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh kreditur yang berasal dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengan (UMKM) yang belum selesai sejak 2013 silam.

Salah satu usulannya adalah dengan  melelang aset jaminan utang melalui Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA). Setelah aset jaminan utang dilelang, kemudian dana hasil lelang tersebut sebagian akan digunakan untuk pembayaran kreditur-kreditur UMKM yang terdapat dalam daftar kreditur.

Erick Thohir Kaget Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23

Dr. Trubus Rahadiansyah selaku pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti menilai langkah berani yang dilakukan Erick Thohir dalam menyelesaikan hutang PT Istaka Karya yang mangkrak sejak lama patut diapresiasi.

Penyelesaian hutang yang dilakukan Erick ini merupakan wujud negara hadir untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di BUMN. 

Anggota Exco PSSI Singgung Nilai Kontrak Shin Tae-yong

Selain itu, Trubus menambahkan bahwa langkah Erick yang menjanjikan menyelesaikan hutang debitur UMKM di PT Istaka Karya ini menunjukan bahwa Menteri BUMN saat ini berani mengambil risiko. Sebab, selama ini management PT Istaka Karya tak berani bertanggung jawab terhadap hutang perseroan yang sangat besar.

Padahal selama ini penugasan yang dilakukan oleh Istaka Karya merupakan tugas Negara yang harus diselesaikan.

Halaman Selanjutnya
img_title