Iklim El Nino Hantui Kondisi Pangan Indonesia, Bulog Ngapain?

Stok Beras Bulog
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Pemerintah menugaskan Perum Bulog untuk memenuhi Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sejumlah 2,2 juta ton hingga akhir 2023. Ini sebagai bentuk antisipasi pemerintah akan dampak fenomena iklim El Nino

6 Jenis Bansos Mei 2024 yang Disiapkan Pemerintah, Apa Saja?

"El Nino kita akan lihat di semester II. Namun, mitigasinya udah ratas (rapat terbatas) di sektor pangan bahwa stok beras jelang akhir tahun itu di angka di atas 2,2 juta," kata Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di kantornya, Senin (7/8/2023)

Airlangga menjelaskan, Kementerian Pertanian (Kementan) telah berkomitmen untuk menjaga cadangan beras. Hal itu dilakukan dengan menyiapkan benih yang aman terhadap perubahan cuaca. 

Jabatan Kepala Desa Jadi 8 Tahun dan Bisa Dipilih 2 Kali

Menteri KoordinatorBidang Perekonomian

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

"Tentu akan ada laporan dari BMKG yang menjadi perhatian. Namun, dari Kementerian Pertanian juga menjadikan bahwa beberapa daerah lahan untuk pertanian yang bisa ditinjau dengan dipersiapkannya spesifikasi benih tertentu, yaitu benih yang relatif lebih tahan terhadap perubahan cuaca," kata dia.

BMKG: Gempa Magnitude 4,2 Guncang Timur Laut Kabupaten Bandung

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas)/National Food Agency, Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, Bulog telah mengamankan 1,3 juta ton stok beras per 2 Agustus 2023. Hal itu sesuai dengan permintaan Presiden Jokowi. 

Halaman Selanjutnya
img_title