Bendera RI Terbalik Di Pembukaan Sea Games, Netizen Menyerang.

Bendera RI Terbalik Di Pembukaan Sea Games 2023
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Pembukaan Sea Games 2023 yang berlangsung di Kamboja pada Jumat (5/5/2023) kemarin menyisakan tragedi memalukan bagi masyarakat olahraga Indonesia. Pasalnya, Bendera RI terlihat terbalik. 

Jadi Tuan Rumah, Pemkab Purwakarta Pastikan Kesiapan Venue Popwilda Jabar

Diketahui, Pre Show Opening Ceremony (Pembukaan) Sea Games 2023 digelar di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja.  Sontak saja, pemasangan bendera RI terbalik itu mendapat kritik dari warganet.

Warganet tidak terima dengan kesalahan yang dilakukan Kamboja selaku tuan rumah. Ada dari mereka yang mengecam habis-habisan hingga menuding tuan rumah sengaja melakukan blunder. 

Indra Sjafri Tanggapi Kritik Pedas Coach Justin Terkait Level Timnas Indonesia

"Bendera segede gaban apa ga keliatan itu kebalik? Atau emang gatau bendera Indonesia bagaimana ???? gapernah baca2 Atlas kali ya orang2 Kamboja," kritik salah satu warganet di twitter dilansir viva.co.id

"Makanya mereka caper pake ngebalik bendera Indonesia, dia tau netizen indo paling ga bisa dipancing dikit nanti jadi viral dan insight seagames jadi naik," timpal netizen lainnya.

Ini 3 Pemain yang Dipredikasi Jadi Pilar Penting Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Menanggapi kejadian itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Harry Warganegara mengatakan tuan rumah telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia.  Ia menegaskan, pihaknya sudah mengirimkan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-Ina/SET/2023 tertanggal 5 Mei 2023. Surat disampaikan kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

"Kamboja sudah minta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony," pungkasnya.