Juara! Kuntit Atlet Filipina, Akhirnya Odekta Sabet Emas Untuk Indonesia

Odekta Elvina Naibaho Atlet Maraton
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Pelari asal Indonesia, Odekta Elvina Naibaho berhasil kawinkan medali emas bagi Indonesia di nomor maraton dalam SEA Games 2023. Ia berhasil mengikuti jejak maraton putra, Agus Prayogo sebagai pelari tercepat se Asia Tenggara.

Tips yang Harus Dilakukan jika Terserang Ransomware

Cabor maraton berlangsung di area situs warisan budaya Angkor Wat, Siem Reap, Sabtu (6/5/2023). Awalnya, pelari berdarah batak ini, mendapat perlawanan sengit dari pelari asal Filipina (Christina Organiza Callasco).

Christina berada di depan memimpin peserta lain sejak start. Disusul Odekta di bagian belakang. Odekta dengan gigih terus menguntit hingga berhasil melaju meninggalkan Christina dan kontingen lainnya.

Pengamat Sepakbola Asing Prediksi Timnas Indonesia Bakal Lanjut Babak 4 Kualifikasi Piala Dunia

Memasuki kilometer 25, pelari Indonesia ini melepaskan diri sendirian di depan tanpa ada yang mampu mengejar. Termasuk Christina, ditinggal jauh. Odekta tak tertandingi hingga mencapai garis finish.

Menurut pelatih maraton Indonesia, Wita Witarsa, keberhasilan Odekta terlihat dari awal perjuangannya melawan udara 37 derajat selsius. Odekta menjadi peserta tercepat di nomor maraton putri walaupun ia harus terkapar begitu berhasil lewati garis finish. 

Cek Fakta: Belum Ada Wakil Resmi di Piala Asia 2027 dari Asia Tenggara

Wita menyampaikan, usai lomba, Odekta harus diberi oksigen dan dilarikan memakai ambulan. Cuaca panas hari ini, kata Ia, menjadi salah satu faktor yang diantisipasi oleh kontingen Indonesia sehingga mereka memutuskan tiba di Siem Reap lebih awal untuk aklimatisasi.

"Jauh jauh hari saya sudah mengantisipasi cuaca panas ini. Makanya kami tidak mencari rekor. Yang penting emas," pungkas Wita.