Emas Kembali Diraih Indonesia Lewat Pembalap Sepeda

Opening Ceremony SEA Games 2023
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar - Indonesia kembali raup medali emas di helatan SEA Games 2023 Kamboja. Ini merupakan medali emas ke-9. Raihan teranyar lewat cabang olahraga balap sepeda di nomor Estafet Cross Country Relay (XCR) yang digulir di Kulen Mountains, Siem Reap, Kamboja Mingggu (7/5/2023).

Indra Sjafri Tanggapi Kritik Pedas Coach Justin Terkait Level Timnas Indonesia

Prestasi ini, menjadikan Indonesia sebagai negara yang mendominasi di Cabang Olahraga balap sepeda. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, skuad Merah Putih menurunkan komposisi terbaik. Di kalangan putra, ada 2 bersaudara Fery Yudoyono dan Zaenal Fanani. Di kalangan putri, ada Sayu Bella Sukma Dewi dan Dara Latifah.

Timnas Indonesia U-23 Jadi Skuad ASEAN Termahal di Piala Asia U-23

Kepala pelatih Timnas balap sepeda Indonesia, Dadang Haries Poernomo mengatakan, kemenangan tersebut tidak terlepas dari kerja keras atlet dan strategi yang diterapkan sebelum lomba.

Dadang mengakui, kesuksesan meraup medali emas melalui dramatisasi. Drama itu tentang strategi yang akan dipakai. Sebelumnya, pelatih Indonesia terlebih dahulu menunggu penyerahan daftar lawan pembalap dari negara-negara lain. 

Timnas Indonesia Sandang Title Skuad Termuda di Piala Asia U-23

Memang awalnya, Indonesia menurunkan pembalap putri untuk lomba di awal. Namun, strategi berubah. Tim Merah Putih memilih putra lewat Feri untuk mengawali lomba dilanjutkan Fanani.

"Jujur untuk balapan nomor XCR ini penuh dengan drama. Semua tim saling mengintip atlet yang diturunkan dan posisinya. Sebab, itu akan menentukan keberhasilan dan kesuksesan sebuah tim," kata Dadang dilansir viva.co.id

Halaman Selanjutnya
img_title