Borong Medali di SEA Games, Ini Ulasan Tentang Cabor Kun Bukator

Atlet Kun Bokator Indonesia
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Atlet Indonesia dari Cabang Olahraga (Cabor) Kun Bukator berhasil memborong medali emas, perak sekaligus perunggu di SEA Games 2023 Kamboja. Lantas apakah cabor Kun Bukator itu?

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Qatar Picu Gelombang Reaksi Negara-negara ASEAN

Dilansir viva.co.id, Kun Bukator merupakan olahraga beladiri asli Kamboja. Di gelaran SEA Games tahun ini penyelenggara diperbolehkan memasukkan cabor tradisional dan olahraga baru untuk dipertandingkan. Tapi dengan syarat, cabor tersebut bila diikutsertakan oleh minimal 4 negara peserta SEA Games.

Permainan ini dilagakan dalam 3 babak dimana tiap babak berdurasi 3 menit dengan waktu jeda antar babak 1 menit.

Shin Tae-yong Sebut Pelatih Korsel akan Stress Bila Ketemu Indonesia di Piala Asia U-23

Menariknya, meski cabor Kun Bukator ini tidak begitu dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, rupanya olahraga Kun Bukator hampir mirip dengan pencak silat. Olehnya, para atlet Indonesia tak menemui kesulitan dalam mengikuti cabor ini.

"Atlet Indonesia tidak kesulitan untuk mempelajari Kun Bukator. Secara umum, Ia memiliki kesamaan dengan bela diri lainnya yang ada di Indonesia," kata Kepala Pelatih Kun Bukator Indonesia, Agus Nanang Sunarya.

Segera Hadir! Shopee ASEAN Club Championship, Turnamen Sepakbola Antar Klub Asia Tenggara

Masih dilansir viva.co.id, sebuah sumber menyebutkan, Kun Bukator mulanya dikembangkan sebagai teknik bela diri tentara Khmer. Dimana bela diri ini berfokus pada kekuatan serangan tinju, tendangan lutut, bantingan dan kuncian.

Tahun 2022 lalu, UNESCO resmi memasukkan Kun Bukator sebagai warisan budaya tak benda Kamboja. Hal ini lantaran Kun Bukator memiliki pengaruh besar dalam sejarah negaranya itu.

Halaman Selanjutnya
img_title