Kun Bokator Semarakkan Penutupan SEA Games 2023 Kamboja

Atlet Kun Bokator Indonesia
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Pertunjukan kun bokator dan parade atlet membuka rangkaian upacara penutupan SEA Games 2023 Kamboja di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Rabu malam 17 Mei 2023. 

7 Negara dengan Populasi Terkecil di Dunia: Kehidupan di Tempat yang Paling Tidak Padat

Melansir viva.co.id, ratusan pengisi acara menggunakan seragam khas Negeri Khmer dan memperlihatkan beragam gerakan dari cabang olahraga yang untuk kali pertama di pertandingkan di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Lampu warna warni menghiasi pertunjukan yang mengusung semangat dan daya juang dari para petarung kun bokator. Penampil melakukan koreografi senada dengan lagu pengiring. Kun bokator, seni bela diri kuno yang berasal dari kerajaan Khmer. 

7 Negara Paling Aman di Dunia, Maling Auto Gak Betah!

Sebelumnya, selama enam hari seni bela diri khas Kamboja dengan sejarah lebih dari seribu tahun ini dipamerkan kepada khalayak modern. Kun bokator dipercaya bertujuan untuk mengembangkan kekuatan mental dan fisik serta disiplin para atletnya melalui teknik pertahanan diri dan filosofi tanpa kekerasan.

Setelah pertunjukan kun bokator, acara dilanjutkan dengan parade dari 11 negara peserta yang diurutkan berdasarkan peringkat dalam klasemen medali. Vietnam menjadi pertama karena mengoleksi 355 medali dengan rincian 136 emas, 105 perak, dan 114 perunggu.

8 Negara Eropa yang Rankingnya di Bawah Timnas Indonesia

Kemudian dilanjutkan dengan Thailand yang pulang dengan 108 emas, 96 perak, dan 108 perunggu. Lalu, ketiga Indonesia yang membawa pulang 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Atlet dari cabang olahraga kriket menjadi wakil Merah Putih dalam parade tersebut.

Tuan rumah Kamboja menyusul dengan jumlah peserta parade terbanyak. Jumlah medali yang dikumpulkan adalah 81 emas, 74 perak, dan 109 perunggu. 

Halaman Selanjutnya
img_title