Kemenpora RI Gelar POTRADNAS IX 2022 di Kuningan Jawa Barat.

Olahraga Tradisional yang diperlombakan di POTRADNAS IX 2023
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Ratusan kawula muda Indonesia dari berbagai provinsi bakal tiba menyambangi Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Mereka hadir dalam rangka mengikuti kejuaraan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (POTRADNAS) IX 2023.

Dibiayai Sponsor, Paslon Bupati Bisa Keluarkan Dana Rp25-30 Miliar Saat Pilkada

POTRADNAS merupakan program rutin yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Musim ini, kejuaraan akan dipusatkan di Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan pada 12-15 Juni mendatang.

Para peserta POTRADNAS adalah mereka kawula muda berusia 15-22 tahun. Ada 20 perwakilan untuk masing-masing Provinsi untuk berlaga di lima jenis olahraga tradisional, diantaranya Hadang, Egrang, Sumpitan, Terompah Panjang dan Gasing.

School Creative Hub 2024, Kadisdik Jabar: Hal yang Mustahil Akan Jadi Kenyataan di Esok Hari

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo mengatakan POTRADNAS IX 2023 ini akan menjadi sport tourism serta sport industri. 

Menurut Dito, meskipun memainkan olahraga tradisional, melalui POTRADNAS IX ini diprediksikan banyak turis minimal lokal yang akan datang ke Kuningan, Jawa Barat, sehingga industri lokal akan ikut terangkat lewat kejuaraan POTRADNAS IX. 

PPDB Jabar 2024 Resmi Dibuka, Pj Gubernur: Bersih, Objektif, Transparan, dan Akuntabel

Sebut saja misalnya industri kuliner, dimana UMKM setempat pun bergerak. Sehingga selain sport tourism, sport industri pun akan tumbuh dan turut memeriahkan Kejuaraan tersebut.

Menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju itu menyebut, uniknya dari ajang ini diikuti oleh para kawula muda berusia 15 hingga 22 tahun yang merupakan citra tradisional sekaligus menjaga kelestarian olahraga tradisional asli Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title