STY Tak Ingin Ada Beban Raih Juara Meski Bisa Jadi Kesempatan Terakhirnya Bersama Timnas Indonesia

Shin Tae-Yong
Sumber :
  • PSSI

Jabar – Shin Tae-yong tak mau menanggung beban soal raihan trofi di Piala AFF U23 2023. Pasalnya, Piala AFF U-23 2023 menjadi kesempatan terakhir coach Shin mempersembahkan trofi untuk Timnas Indonesia.

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Masuk Grup Neraka di Ronde 3, Begini Kata Staff Pelatih

Faktanya, STY belum mampu mempersembahkan trofi sejak menjabat sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia pada akhir tahun 2019 lalu. Prestasi terbesarnya adalah mencapai final Piala Asia 2023 bersama Tim Garuda dan menjadi finalis Piala AFF 2020. Kontrak STY akan habis pada akhir tahun ini.

Tugas terakhirnya adalah memimpin Timnas Indonesia ke final Piala Asia Qatar 2023. Namun, STY relatif kecil kemungkinannya untuk mendapatkan trofi di turnamen itu. Sebab target diawal adalah hanya untuk lolos dari babak penyisihan grup. Tak heran jika dirinya lebih berpeluang menjuarai Piala AFF U-23 pada 2023.

Punya Bos Baru, Persib Bandung Incar Pemain Timnas Indonesia

Hal ini disebabkan, karena Timnas U-23 berhasil tampil laga pamungkas. STY menyadari mereka mempunyai peluang besar untuk menganugerahkan trofi Piala AFF U-23 2023. Namun, dia tak ingin hal tersebut membebani tim.

“Memenangkan trofi atau tidak bukanlah isu utama. Kami terus berkembang. Tim yang bisa memenuhi level performa mereka pada laga nanti bisa mendapatkan trofi. Jujur, kami hampir mencapai level itu, tetapi kami masih harus terus berkembang,” ungkap Shin Tae-yong.

Hadapi Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong Usaha Rebut Posisi Ini

Timnas U-23 akan menghadapi Vietnam U-23 di final. Laga kedua tim rencananya akan berlangsung pada Sabtu, 26 Agustus 2023 di Rayong Provincial Stadium.