Ernando Ari Gagal Cetak Gol Saat Jadi Eksekutor, Shin Tae-yong Beri Klarifikasi

Shin Tae-Yong
Sumber :
  • PSSI

Jabar – Shin Tae-yong selaku Pelatih Timnas Indonesia mengungkap alasan Ernando Ari yang seorang kiper menjadi eksekutor ke-6 Timnas Indonesia saat penentuan adu penalti pada laga melawan Vietnam.

Biaya Sidang Maarten Paes di Pengadilan Arbitrase Olahraga Capai Rp.30 M? PSSI Santai!

Timnas Indonesia kalah dari Vietnam di final sehingga kehilangan gelar Piala AFF 2023. Indonesia kalah 5-6 setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit di Stadion Provinsi Rayong, Thailand pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Ada momen menarik dalam adu penalti. Kiper Ernando Ari menjadi penendang keenam. Sayangnya tembakan berani Ernando Ari bisa diblok kiper Vietnam dan tidak membuahkan gol.

Terbongkar! Ragnar Oratmangoen Ternyata Tidak Suka Jakarta

Mengenai hal tersebut, Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa dirinya sudah merencanakan soal ini terlebih dahulu sebelumnya. Ernando Ari berlatih mengambil tendangan penalti sebelum final.

"Kami hanya memiliki lima pemain pengganti, jadi kami harus bersiap dengan baik jika ada perpanjangan waktu," ucap STY.

Shin Tae-yong Dirumorkan akan Ditarik Jadi Pelatih Korsel, Erick Thohir: Saya Tidak Bisa Melarang

"Vietnam memiliki lebih banyak pemain dan itulah keunggulan mereka. Penjaga gawang berlatih tendangan penalti dalam latihan, tetapi dalam pertandingan sebenarnya ceritanya berbeda," ungkap STY.

Namun, meski sudah berlatih dirinya gagal dalam mengeksekusi tendangan penalti dan membuat Indonesia kalah di final. Tapi faktanya, Ernando Ari sudah tampil apik di Piala AFF U-23 dengan hanya kebobolan tiga gol dalam empat pertandingan. Di laga terakhir, Ernando Ari juga bisa menggagalkan penalti Vietnam pada menit ke-39.