Kedatangan Lionel Messi ke MLS Ibarat 'Segunung Emas'

Lionel Messi saat Inter Miami melawan New York Red Bull
Sumber :
  • AP Photo/Eduardo Munoz Alvarez

VIVA Jabar – Lionel Messi memilih Liga Amerika Serikat (MLS) sebagai labuhan barunya setelah kontrak dengan Paris Saint-Germain usai. Ketika itu Barcelona dan sejumlah klub Arab Saudi juga mengincarnya.

Erick Thohir Sebut Perjuangan Timnas Indonesia Patut Diapresiasi

Saat Lionel Messi sedang mempertimbangkan klub mana yang dia pilih, David Beckham datang. Dia meyakinkan pemain berjuluk La Pulga tersebut untuk berseragam Inter Miami.

Pilihan Messi akhirnya jatuh kepada Inter Miami. Dia sudah memulai musim dan menghasilkan momen-momen terbaik, sampai merebut gelar juara Leagues Cup.

Artefak Kuno Asal Indonesia Dikembalikan, Benarkah Hasil Curian?

Kedatangan Messi ke Amerika Serikat diibaratkan oleh Marca sebagai gunung emas. Karena pemain asal Argentina tersebut mampu mendatangkan pendapatan tambahan.

Sampai sekarang ini, dari harga tiket penonton di stadion saja, MLS telah mendapatkan 265 juta dolar AS atau setara dengan Rp4 triliun. Dari hak siar pertandingan Inter Miami, ada tambahan sekira 300 ribu pelanggan baru.

Inter Miami Tekuk Nashville 3-1, Lionel Messi Cetak Brace

Dari pelanggan baru Apple TV tersebut, penghasilannya mencapai Rp450 miliar. Itu baru dua dari sekian banyak dampak kedatangan Messi untuk industri sepakbola Negeri Paman Sam.

Jika ditambah dari penjualan jersey, pendapatan itu akan lebih banyak lagi. Karena dari pantauan di beberapa toko yang menjual merchandise resmi Inter Miami, kerap kali yang berkaitan dengan Messi harus stok ulang.

Halaman Selanjutnya
img_title