Timnas U-23 Samai Rekor 22 Tahun Lalu Setelah Menang Telak, dan Hanya Butuh Hasil Imbang untuk Lolos

Timnas Indonesia U-23
Sumber :
  • Timnas Indonesia

JabarTimnas Indonesia U-23 tampil apik pada laga pertama Grup K Kualifikasi Piala AFC U-23. Tim asuhan Shin Tae-yong ini bermain melawan China Taipei di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Sabtu, 9 September 2023 dan mengakhiri laga dengan kemenangan telak 9-0.

Akhirnya Terbongkar, Ini Rahasia Uzbekistan Belum Pernah Kebobolan di Piala Asia U-23 2024

Hasil ini tidak hanya memberikan Pratama Arhan dkk untuk menjadi pememimpin Grup K yang sebelumnya dipegang Turkmenistan saat mengalahkan China Taipei 4-0. Lebih jauh, hasil pada hari dan lokasi bersejarah ini juga merupakan kemenangan terbesar sejak tercatat lebih dari 20 tahun lalu.

Saat dihubungi, Sabtu, 9 September 2023, Pengamat Sepak Bola, Akmal Marhali mengatakan kemenangan besar Timnas Indonesia U-23 sebanding dengan kesuksesannya pada 22 tahun lalu.

Pengamat Sepakbola Apresiasi Keharmonisan Shin Tae-yong dengan Pemain Timnas Indonesia

"Terakhir menang besar adalah pada tahun 2019 saat SEA Games Manila saat itu Indonesia menang 8-0 atas Brunei Darussalam. Tetapi kalo skor 9-0 terakhir kali kita torehkan pada SEA Games 2001 dengan lawan yang sama Brunei Darussalam," kata Akmal.

Lebih lanjut, Akmal yang juga koordinator Save Our Soccer (SOS) mengatakan kemenangan terbesar Indonesia masih diraih oleh timnas senior.

Shin Tae-yong Ternyata Ingin Latih Korea Lagi, Lalu Indonesia?

"Kalau di Timnas senior kemenangan terbesar terjadi pada Piala AFF 2002. Saat itu skuat Garuda menang telak 13-1 atas Filipina," jelas Akmal.

Halaman Selanjutnya
img_title