Gila! Uang yang Dikeluarkan di Industri Sepakbola Capai Ratusan Triliun

Logo di kantor FIFA
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Otoritas tertinggi sepakbola dunia (FIFA) merilis data bursa transfer musim panas pada 1 Juni hingga 1 September 2023. Data yang dihasilkan memperlihatkan industri semakin menggila.

Lebih Berat, Persija Jakarta Dapat Sanksi Lagi dari FIFA

Melalui laman resminya FIFA melansir data tersebut. Analisa aktivitas transfer pemain internasional selama pertengahan tahun 2023 ini jadi yang tertinggi sepanjang masa.

Menariknya itu bukan cuma dari sepakbola pria, tapi juga wanita. Uang yang digelontorkan klub-klub di dunia mencapai 7,36 miliar dolar AS atau setara dengan Rp113 triliun.

PSSI Rumuskan Target Baru Buat Shin Tae-yong

Jika dibandingkan dengan pertengahan tahun 2022, uang transfer yang keluar sekarang naik 47,2 persen. Ini adalah geliat positif setelah industri diterpa pandemi COVID-19.

Ketika ada pandemi COVID-19, banyak klub yang memilih irit di bursa transfer. Buktinya adalah kenaikan dana transfer sekarang dibanding 2019 adalah 26,8 persen.

8 Klub Liga Indonesia Masih Belum Selesaikan Masalah Sanksi FIFA

Sepakbola wanita dunia terus berkembang dalam eenam tahun belakangan. Chief Legal & Compliance Officer FIFA, Emilio Garcia Silvero membeberkan datanya.

"Jumlah transfer selama periode pertengahan tahun juga meningkat selama enam tahun berturut-turut, dengan 829 transfer. 66 di antaranya dilakukan dengan biaya," tutur Emilio.

Halaman Selanjutnya
img_title