BRI Liga 1 Diminta Libur Sejenak oleh Erick Thohir Selama Piala Asia Berlangsung

Erick Thohir
Sumber :
  • PSSI

JabarKetua Umum PSSI, Erick Thohir meminta jeda sejenak gelaran BRI Liga 1 musim 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 digelar. Piala Asia U-23 2024 sebenarnya tidak masuk dalam kalender resmi FIFA.

Gelandang Persib Prediksi Timnas Indonesia Menang Adu Penalti Lawan Uzbekistan

Artinya, klub berhak menolak pelepasan pemainnya ke ajang ini. Namun ajang tersebut menjadi salah satu prioritas PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir. Piala Asia U-23 menjadi jalan lolos ke Olimpiade.

Erick Thohir berambisi mengukir sejarah dengan membantu Indonesia lolos ke Olimpiade 2024. Oleh karena itu, dirinya ingin Garuda Muda menunjukkan potensi maksimalnya di Piala Asia U-23 2024 April tahun depan.

Pemain Uzbekistan Ini Miliki Harga Pasar Lebih Mahal dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

Untuk mencapai hal tersebut, PSSI ingin menghindari konflik pemain antara tim nasional dan klub. Menghilangkan persaingan adalah pilihan terbaik. Erick Thohir telah menghubungi PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator BRI Liga 1.

Mereka juga menyambut positif permintaan ini. Untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade, timnas U-23 minimal harus menempati posisi ketiga Kejuaraan Asia U-23 2024.

Rafael Struick Absen, Timnas Indonesia U-23 Ditimpa Dua Kabar Buruk Jelang Lawan Uzbekistan

Artinya tim asuhan Shin Tae-yong harus bersaing dengan tim-tim besar seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, Uzbekistan, dan Arab Saudi. Namun level permainan timnas U-23 kini semakin meningkat.

Masih ada kemungkinan untuk mencapai tujuan tersebut. Namun rencana Timnas U-23 bertanding dengan kekuatan penuh belum bisa dipastikan sepenuhnya. PSSI belum mendapat persetujuan untuk merekrut pemain yang ingin berkarier di Eropa.