Mengejutkan! Ramadhan Sananta Gabung Timnas Indonesia U24 di Babak 16 Besar Asian Games

Selebrasi Ramadhan Sananta usai bobol gawang Timor Leste U-23
Sumber :
  • PSSI

JabarPersis Solo akhirnya siap melepas Ramadhan Sananta agar bisa bergabung bersama timnas U24 di Asian Games 2022. Nama Sananta sedianya masuk dalam daftar 22 pemain timnas Indonesia U-24 yang akan mengikuti Asian Games 2022.

Move On dari Olimpiade, Shin Tae-yong Baca Peluang Indonesia ke Piala Dunia

Namun di saat-saat terakhir jelang keberangkatan, Persis tak mau melepaskan penyerangnya. Ada alasan bagus mengapa Persis tak melepas Sananta. Pasukan Leonardo Medina Arellano berada dalam krisis striker, dengan Irfan Jauhari, Arkhan Kaka dan Fernando Rodriguez absen karena berbagai alasan.

Keputusan ini memicu kontroversi. PSSI dinilai lebih bermurah hati dibandingkan saat Persija Jakarta dan PSM Makassar menolak melepas pemain ke Piala AFF U-23 2024.

Hadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ketua BTN Optimis Semua Pemain Bergabung

Apalagi, Timnas U-24 kesulitan mencetak gol sepanjang babak grup Asian Games 2022. Beruntung tim asuhan pelatih Indra Sjafri mampu lolos ke babak 16 besar dengan finis ketiga.

Usai dipastikan lolos, PSSI rupanya kembali menjalin komunikasi agar Persis melepas Sananta. Upaya ini akhirnya membuahkan hasil. Keputusan Persis melepas Sananta menimbulkan kontroversi baru.

Akan Hadapi Irak dan Filipina, Timnas Indonesia Gelar Persiapan Akhir Mei 2024

Beberapa pihak menilai mereka takut akan hukuman dari PSSI. Persis merespons kontroversi tersebut. Mereka akhirnya menjelaskan alasan mereka memutuskan melepas Sananta.

“Sikap Persis melepas Sananta bukan karena didasari motif untuk terhindar dari hukuman seperti narasi tak berdasar yang disampaikan oleh pengamat di media beberapa waktu lalu. Namun karena pertimbangan klub yang melihat bahwa timnas sedang membutuhkan Sananta berdasarkan performa tim di babak penyisihan Asian Games,” tulis pernyataan Persis Solo.

Halaman Selanjutnya
img_title