Ingin Ukir Sejarah, Pelatih Vietnam Berulang Tahun Saat Lawan Indonesia di SUGBK

Pelatih Vietnam, Philippe Troussier
Sumber :
  • tvOnenews/Ilham Giovani

VIVA Jabar – Indonesia kembali bertanding dengan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis, 21 Maret 2023.

Timnas Indonesia Jadi Tim dengan Lonjakan Peringkat Tertinggi Dunia

Kebetulan, bertepatan dengan pertandingan tersebut, pelatih Vietnam yakni Philippe Troussier berulang tahun yang ke 69. Karenanya, Troussier ingin membawa Skuad Golden Star Warrior untuk mengukir sejarah di SUGBK tepat di hari ulang tahunnya itu.

"Saya sangat beruntung bisa merayakan dan merayakan bersama kalian semua di hari ulang tahun saya. Ini juga menjadi hari yang penting untuk tim Vietnam," kata Troussierdi media Vietnam, Soha.

Beruntung di Injury Time, Jepang Jadi Juara Piala Asia U-23 2024

"Saya harap kami bisa menciptakan momen indah bersama, tak hanya untuk hari ini dan di masa depan. Mari pertahankan hal positif ini bersama," kata pelatih Prancis itu menambahkan.

Sepanjang sejarah menjadi pelatih, Troussier belum pernah mengalahkan Indonesia. Dua kali bertanding, anak-anak asuh Troussier selalu kalah.

Indonesia Kalah dari Irak, Shin Tae-yong Sedih

Melatih Qatar, Troussier kalah 1-2 dari Indonesia di Piala Asia 2024. Sementara itu, Vietnam kalah 0-1 dari Indonesia di Piala Asia 2023.

Satu lagi kekalahan Troussier dari Indonesia yaitu di semifinal SEA Games 2023. Kala itu, Timnas Vietnam U-23 tumbang 2-3 dari Timnas Indonesia U-23 yang diasuh oleh Indra Sjafri.