Marko Simic Bikin Persija Jakarta Kena Embargo FIFA?

Marko Simic
Sumber :
  • Persija Jakarta

VIVA Jabar – FIFA resmi memberikan sanksi kepada 5 klub Liga Indonesia. Salah satunya adalah Persija Jakarta.

Thomas Doll Tak Puas atas Kemenangan Tipis Persija Jakarta dari Persis Solo

Sanksi tersebut berupa embargo atau dilarang melakukan aktivitas transfer pemain selama tiga periode atau satu setengah tahun.

Selain Persija, ada empat klub yang terkena sanksi serupa. Mereka adalah Persikab Kabupaten Bandung, Persiraja Banda Aceh, SADA Sumut FC, dan Persiwa Wamena.

8 Negara Eropa yang Rankingnya di Bawah Timnas Indonesia

Awal masa hukuman untuk masing-masing klub tidak sama. Persija dan Persiraja mulai dijatuhi hukuman sejak 26 Januari 2024, sedangkan Persikab dan SADA memulainya masa hukumannya pada 26 Februari 2024.

Untuk Persiwa, hukuman itu dijatuhkan terhitung sejak 12 Mei 2022 dan belum ditentukan kapan dicabut. Meski demikian, secara prinsip saat ini Persiwa sudah tidak eksis lagi dalam kompetisi sepak bola Tanah Air, setelah merger dengan tim Cirebon, Bina Putra.

Persija Menang Tipis Atas Persis Solo, Thomas Doll Mengaku Tak Puas

FIFA tidak menjelaskan kasus apa yang membuat kelima klub itu terjerat hukuman. Namun mengutip Peraturan Status dan Transfer Pemain dan Kode Disiplin FIFA, embargo dapat dijatuhkan karena beberapa hal, seperti kewajiban pembayaran yang jatuh tempo, pemutusan kontrak tanpa alasan jelas, dan kegagalan membayar jumlah relevan secara tepat waktu.

Embargo transfer secara legal adalah sanksi yang menyebabkan suatu klub tidak dapat mendaftarkan pemain baru setelah merekrut  pemain.

Halaman Selanjutnya
img_title