Terganjal Aturan FIFA, Maarten Paes Belum Bisa Merumput Bersama Timnas Indonesia

Maarten Paes
Sumber :

VIVA Jabar – Kiper FC Dallas yang sudah resmi menjadi WNI, Maarten Paes ternyata belum bisa membela Timnas Indonesia. Padahal ia sudah diambil sumpahnya sebagai WNI beberapa waktu lalu.

Teken Kerjasama dengan KNVB, Erick Thohir Optimis Pemain Indonesia Berkembang

Usut punya usut, Maarten Paes masih terganjal aturan FIFA. Ia pernah membela Timnas Belanda U-21 saat usianya 22 tahun. Sedangkan FIFA punya aturan bahwa pemain tidak memperkuat negara lain di usia lebih dari 21 tahun saat ingin pindah asosiasi.

Sebab itulah, Maarten Paes belum bisa membela Timnas Indonesia. Akan tetapi, PSSI tidak tinggal diam. Asosiasi Sepakbola Indonesia itu terus memperjuangkan Paes di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) agar segera gabung Skuad Garuda.

Jalin Kemitraan dengan Federasi Sepakbola Belanda, Erick Thohir: Untuk Keuntungan Bersama

"Maarten Paes perkembangan masih coba terus. Di FIFA masih ada peluang, di CAS juga ada peluang, berbarengan semua (prosesnya)," kata Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga kepada wartawan.

"Karena siapa yang bisa menentukan jadwal sidang (CAS)? Enggak bisa kita atur-atur jadwal sidang pengadilan," ujarnya.

Baru! Shin Tae-yong Ungkap Syarat Pemain Liga 1 untuk Gabung Timnas Indonesia

Arya berharap Maarten Paes bisa membela tim merah-putih di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September mendatang.

"Kami berharap begitu (bisa tampil di putaran 3), apalagi Maarten Paes sudah WNI. Sudah lengkap semua (dokumennya), ada paspor," ucap Arya.

Halaman Selanjutnya
img_title