Sosok Philippe Troussier Pelatih Vietnam yang Pernah Dipecat Qatar Gegara Kalah Lawan Indonesia

Philippe Troussier Pelatih Vietnam
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Timnas Indonesia U-22 akan bersua melawan Timnas Vietnam di laga semifinal sepakbola SEA Games 2023. Duel klasik ini akan berlangsung pada Sabtu (13/5/2023) sore ini di Olympic Stadium, Phnom Penh pukul 16.00 WIB.

Indra Sjafri Tanggapi Kritik Pedas Coach Justin Terkait Level Timnas Indonesia

Timnas Vietnam baik tim senior maupun U-22 yang tampil di SEA Games 2023 ini, kini diasuh pelatih asal Prancis, Phillippe Troussier. Dia ditunjuk menggantikan Park Hang-seo.

Qatar melalui Phillippe Troussier, terlalu percaya diri dapat mengalahkan Indonesia. Terlebih dalam 2 edisi Piala Asia sebelumnya, 1996 dan 2000, Skuad Garuda tak pernah mengemas satu pun kemenangan.

Timnas Indonesia U-23 Jadi Skuad ASEAN Termahal di Piala Asia U-23

Sosok Pelatih asal Prancis, Phillippe Troussier, mengingatkan sejarah sepakbola Indonesia pada 2004 di babak penyisihan Group A Piala Asia. Ternyata, Pelatih berusia 63 tahun ini punya memori buruk di laga Piala Asia di China dulu.

Anak-anak asuhan nya, Qatar tumbang oleh Skuad Merah Putih dengan skor 2-1. Usai kekalahan itu, Phillippe Troussier dipecat gegara gagal mengalahkan Timnas Indonesia yang saat itu dibawah asuhan pelatih Ivan Kolev. Indonesia tampil mengejutkan di Workers Stadium Beijing di laga penyisihan Group A Piala Asia 2004, tepatnya pada 18 Juli 2004. 

Timnas Indonesia Sandang Title Skuad Termuda di Piala Asia U-23

Dilansir viva.co.id, 2 gol Tim Merah Putih dicetak masing-masing oleh Budi Sudarsono di menit ke-21 dan Ponaryo Astaman di menit ke-48. Sementara Qatar cetak gol balasan lewat Magid Mohamed di menit ke-83.

Ini menjadi sejarah kelam bagi Phillippe Troussier karena tunduk pada kemenangan perdana Indonesia di putaran final Piala Asia 2004. Phillippe Troussier dipecat 2 hari setelah kekalahan itu. 

Halaman Selanjutnya
img_title