Dibalik Fakta Pertandingan Sepakbola Indonesia Dengan Kemenangan Napoli dan Argentina

Timnas Indonesia U-22 vs Thailand U-22 di SEA Games 2023
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Laga final sepakbola SEA Games 2023 di Kamboja dimenangkan oleh Skuad Merah Putih. Para debutan dibawah binaan Indra Sjafri, mampu merobek gawang lawan Thailand dengan skor akhir 5-2. Mereka bertanding di National Olympic Stadium, Selasa (16/5/2023) tadi malam.

Jalan Mulus Real Madrid Juara La Liga Usai Tekuk Barcelona

Di balik kemenangan ini, ada hal menarik yang terjadi. Indonesia berhasil merampas kembali medali emas setelah sebelumnya meraih kemenangan yang sama di tahun 1986-1987 silam.

Pada 1987 silam, Indonesia untuk pertama kalinya berhasil jadi juara. Mereka mengalahkan Malaysia kala itu dengan skor 1-0 lewat perpanjangan waktu.

Kalahkan Chelsea, Gol Tunggal Bernardo Silva Bawa Manchester City Tembus Final Piala FA

Menariknya, di tahun yang sama, Napoli jadi juara Serie A untuk pertama kalinya di bawah pimpinan Diego Armando Maradona.

Di belahan dunia Eropa, pada tahun sebelumnya, Argentina juga jadi juara Piala Dunia.

Shin Tae-yong Sang Penyelamat Sepakbola Indonesia, Kata Media Korea Selatan

Kondisi persepakbolaan tersebut agak mirip tahun ini. Dimana Napoli juara, kemudian Argentina juga menguasai dunia pada 2022 lalu.

Ternyata cocok dan hampir mirip. Laga itu terjadi lagi dan benar adanya. Indonesia meraih emas SEA Games selepas kedua tim itu juara. Penantian 32 tahun Indonesia akan emas SEA Games pun tuntas. Aneh tapi nyata; Indonesia, Argentina dan Napoli sama-sama juara.